Tokoh Masyarakat Dukung Cikondang Juara

0
185 views

CINANGKA – Lingkungan RW 003 RT 02, Kampung Cikondang, tak hanya didukung oleh Pemerintah Desa Bulakan, Kecamatan Cinangka. Keikutsertaan kampung itu dalam Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019 juga mendapat support dari tokoh masyarakat setempat. Cikondang diharapkan menjadi juara.

Salah satu tokoh masyarakat Kampung Cikondang, Haji Ansori Tamam, menyatakan kesiapannya bahu-membahu bersama warga lain untuk membantu pengurus RT dan RW menyukseskan target menjadi juara perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten itu. Salah satu caranya, ujar Ansori, dengan mengajak warga menggiatkan kembali gotong royong membersihkan dan menjaga keamanan lingkungan Cikondang.

“Harapannya, (Kampung Cikondang-red) menjadi juara. Kami bersama warga lainnya siap menyukseskan,” tegasnya saat ditemui Radar Banten di kediamannya, Senin (9/9).

Menurut Ansori, pengelolaan sampah di kampungnya masih dilakukan secara tradisional. Sampah dikumpulkan di halaman belakang tiap rumah warga, kemudian dibakar. Ia pun berharap, ada perbaikan dalam pengelolaan sampah.

Ansori mengklaim bahwa secara umum, lingkungan kampungnya tergolong aman. Setiap malam, pos ronda diisi oleh warga, terutama para pemuda.

“Ronda digilir tiap malam. Paling, sebagian besar diisi pemuda,” terangnya.

Staf Pemerintah Desa Bulakan M Johan Rosadi menambahkan, penunjukan Cikondang untuk mewakili Desa Bulakan karena pembangunan infrastruktur pendidikan maupun jalan di Cikondang sudah baik. Perpustakaan desa juga berada di kampung itu.

Alhamdulillah, persiapannya tidak begitu wah. Kita hanya mengikuti anjuran dari sana (Pemkab Serang-red),” ujar Johan.

Pengelolaan sampah di Cikondang, menurutnya, telah direncanakan oleh Pemerintah Desa Bulakan. Nantinya, akan dibentuk bank sampah di kampung itu.

“Tahun 2020 atau 2021, baru kita ke bank sampah. Tahun ini baru perencanaan,” tutur Johan.

“Keamanan kami juga selain menggalakkan ronda tiap malam, koordinasi dengan babinsa dan bhabinkamtibmas berjalan baik. Kunjungan (babinsa dan bhabinkamtibmas-red) rutin seminggu sekali,” tambahnya. (fdr/don/ira)