Tokoh Masyarakat Tangerang Ebrown Tutup Usia

TANGERANG – Kabar duka menyelimuti Kota Tangerang. Salah satu tokoh masyarakat Tangerang, Ebrown Lubuk, tutup usia pada Senin (2/12) pukul 10.05 WIB. Ebrown tutup usia di kediamannya di Kompleks Banjar Wijaya, Kecamatan Cipondoh.

Kabar meninggalnya Direktur Utama PT Garda Benteng Satria Indonesia itu langsung tersebar di grup-grup WhatsApp. Berbagai tokoh Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan berbondong-bondong datang ke rumah duka. Bahkan, tiga kepala daerah di Tangerang  turut hadir.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar tiba di rumah duka sekira pukul 11.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB. Sementara, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany tiba sekira pukul 13.30 WIB. Sementara Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin, Sekda Kabupaten Tangerang Rudi Maesyal datang ke Masjid An-Nabawi untuk ikut menyalati almarhum. Prosesi menyalatkan jenazah Ebrown berlangsung setelah salat ashar.

Wakil Walikota Tangerang Sachrudin mengungkapkan, sosok Ebrown merupakan tokoh Tangerang dan nasional yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap masyarakat. “Almarhum kalau membela orang tidak setengah-setengah, bahkan saya sendiri menjadi ketua DPD Golkar Kota Tangerang berkat dorongan Beliau,” katanya saat ditemui di Masjid An-Nabawi, Senin (2/12).

Kata Sachrudin, bantuan yang diberikan mendiang yang juga menjabat sebagai penasihat Partai Golkar itu diberikan baik secara ekonomi ataupun sosial. “Beliau pengacara yang andal juga, tidak sedikit yang ditolong oleh Beliau, dia juga sering menyantuni anak yatim, kaum duafa, dan pesantren-pesantren juga,” ungkapnya.

Sachrudin berharap keluarga Ebrown diberi ketabahan dan almarhum diterima amal ibadahnya, diampuni dosa-dosanya serta ditempatkan di sisi Allah Swt.

Sementara itu, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, Ebrown merupakan sosok yang sering memberikan semangat, motivasi, dan masukan kepadanya. “Saya manggilnya saja Om, Beliau sudah saya anggap sebagai keluarga dan merasa kehilangan. Mari kita doakan agar Beliau husnul khotimah,” ungkapnya.

Arief bahkan menceritakan sering berdiskusi dengan Ebrown dan hasilnya Beliau sering memotivasi agar pembangunan di Kota Tangerang memberi manfaat dan maslahat. “Makanya, saya dari Bandung saja balik ke sini (untuk takziah-red),” ujarnya.

Sekda Kabupaten Tangerang Rudi Maesyal mengenang Ebrown sebagai tokoh yang mempunyai kiprah luar biasa di Tangerang Raya. “Banyak hal yang dilakukan oleh Beliau, dengan kemajuan Tangerang Raya. Beliau kan pernah di partai, DPR RI, punya rasa kebersamaan, persaudaraan, Beliau ini tidak segan mambantu orang lain,” ungkapnya.

Maesyal mengaku, merasa kehilangan dengan sosok Ebrown yang peduli pada masyarakat Tangerang. “Kita semua mendoakan agar Beliau diterima di sisi Allah. Selamat jalan Bang Ebrown, selamat jalan tokoh Kabupaten, tokoh Tangerang Selatan, tokoh Kota Tangerang,” ujarnya.

Ditemui di rumahnya, Ketua RT Ilfan Pribudi mengatakan, baru tujuh tahun tinggal di sekitar tempat tinggal Ebrown. “Saya jadi RT baru dua tahun, setahu saya almarhum sakit ginjal,” katanya saat ditemui di tempat tinggalnya.

Kata Ilfan, Ebrown terbilang sebagai warga yang baik. “Bahkan, jalan sini (Banjar Wijaya) Beliau yang bangun,” ujarnya. (one/alt/ira)