Tokoh Serang jadi Pahlawan Nasional

0
465 views

SERANG – Achmad Chatib akhirnya disetujui menjadi pahlawan nasional oleh pemerintah pusat. Usulan Pemkot Serang itu tinggal menunggu tanda tangan dari Presiden Joko Widodo.

Akademisi UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten Mufti Ali mengatakan, nama Achmad Chatib masuk dalam 16 nama yang diusulkan mendapat gelar pahlawan nasional.

“Ada 16 nama pahlawan yang diusulkan dan Achmad Chatib masuk ke dalam 16 nama itu, tapi yang ditetapkan tahun ini hanya enam nama,” kata Mufti, Rabu (11/11).

Mufti mengaku belum mengetahui kepastian nama Achmad Chatib ditandatangani oleh Presiden. Soalnya, usulan gelar pahlawan nasional bukan hanya berasal dari Banten. Ada daerah yang telah mengusulkan sejak 2015, tetapi belum ditetapkan sebagai pahlawan.

Kata Mufti, penetapan pahlawan dari daerah Maluku Utara dan Papua didahulukan tahun ini lantaran belum ada pahlawan yang ditetapkan dari kedua daerah itu.

“Jadi kalau tahunnya hanya tinggal menunggu political will pemerintah,” ujar Mufti.

Selain Achmad Chatib, nama Arya Wangsakara dari Tangerang diusulkan mendapat gelar pahlawan nasional. Arya Wangsakara pun sudah disetujui oleh pemerintah. Dua nama pahlawan dari Banten itu tinggal menunggu penetapan oleh pemerintah.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang Poppy Novriadi mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan mengapa pemerintah menetapkan pahlawan. Salah satunya adalah faktor politik. Meski demikian, karena Achmad Chatib hanya tinggal menunggu penetapan, maka Pemerintah Kota Serang hanya bisa menunggu.

Poppy mencontohkan, penetapan Sukanto, Kepala Polri pertama sebagai pahlawan tahun ini, pasti atas sejumlah pertimbangan. Sementara pengusulan Sukanto sebagai pahlawan pasti sudah dilakukan sejak lama. “Mungkin sudah sejak kapan pengusulannya tapi baru ditetapkan sekarang,” katanya. (rbnn/nda)