Tol Serpong-Kunciran Ditarget Selesai 2018

0
82

TANGERANG – Sebanyak enam kelurahan dari tiga kecamatan di wilayah Tangerang bakal dilewati jalan bebas hambatan (tol) JOOR 2 Serpong- Kunciran. Pengerjaan tol ini diperkirakan rampung pada 2018 mendatang.

Enam kecamatan itu, di antaranya Kelurahan Kunciranindah, Kelurahan Kunciran, (Kecamatan Pinang, Kota Tangerang), Kelurahan Parigibaru, Kelurahan Parigi, Kelurahan Jombang (Pondokaren, Kota Tangsel), Kelurahan Pakujaya, Kelurahan Pondokjagung Timur dan Kelurahan Jelupang (Kecamatan Serpongutara, Kota Tangsel).

Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Refly Harun mengatakan, jalan Tol Serpong-Kunciran ini mempunyai panjang 11,4 kilometer yang akan melanjutkan jalan Tol Kunciran-Cengkareng sepanjang 14,19 kilometer.

”Saat ini pengerjaan proyeknya sudah mencapai 90 persen untuk pengadaan lahan, dan realisasi konstruksi sebesar 13 persen dapat selesai sesuai target,” kata Refly dalam keterangan persnya, Kamis (9/11).

Dia menambahkan, proyek jalan Tol Serpong-Kunciran ini dikelola oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN) yang akan tersambung proyek tol milik PT Jasa Marga Kunciran-Cengkareng.

Direktur Utama PT MTN Agus Achmadi menuturkan, ”Kita harus bekerja sama, dan saling berkoordinasi agar target selesai pada November 2018 mendatang dapat tercapai,” jelas Agus.

Jalan Tol Serpong-Kunciran merupakan bagian dari jaringan tol JORR 2 yang akan menghubungkan Bandara Soekarno-Hatta hingga Cibitung. Jaringan jalan tol ini berfungsi memecah lalu lintas yang saat ini menumpuk di dalam kota Jakarta, maupun di JORR 2.

Sementara itu, jalur Tol Serpong-Kunciran direncanakan ada 21 persilangan jalan dengan jalan yang sudah ada, 13 di antaranya berupa underpass dan 8 lainnya overpass.

Jalan tol ini akan memiliki tiga simpang susun, yaitu Kunciran, Perigi, dan Serpong. Jarak antara simpang susun Kunciran dan simpang susun Perigi sepanjang 6,8 kilometer, sedangkan jarak simpang susun Perigi dan simpang susun Serpong 4,4 kilometer. (Ade Maulana/RBG)