Tongkat Kayu, Bujangan di Rising Star Indonesia

Foto courtesy Youtube

Pada pertunjukan live audition 4 Rising Star Indonesia 2019, Rabu (16/1) ternyata ada kontestan asal Banten yakni grup band Tongkat Kayu. Menyanyikan lagu Bujangan milik Rhoma Irama, sayangnya grup band asal Serang ini belum bisa mengangkat tabung atau layar raksasa dan melaju ke tahap selanjutnya. Padahal mereka berhasil mengumpulkan vote 70 persen loh, alias hampir sebentar lagi melampaui vote kontestan sebelumnya.

Saat di room audisi Rising Star Indonesia 2019 sebelumnya, band yang pernah jadi bintang tamu acara Klik Musik Banten Raya TV ini, membawakan lagu Apanya Dong milik Titiek Puspa. Dan berhasil memukau juri. Bahkan Hendrik sang vokalis dibilang mirip aktor film kungfu. Sementara Ariel Noah yang jadi juri saat itu, menyarankan harus membuat aransmen musik yang wow.

“Malam ini kami ingin membakar kalori para expert dan para juri yang juga penonton,” begitu kira-kira tekad pada anggota Tongkat Kayu di video singkat sebelum mereka tampil. Sebelum akhirnya, hanya di-vote yes oleh Rossa, sementara tiga expert lain yakni Ariel Noah, Yovie Widiyanto, dan Judika mem-vote no. Ini alasannya.

“Nunggu sebenernya. Genre kalian posisinya sulit. Ada lucunya ada musik serius juga, tapi kalau yang ditampilin tadi yang serba nanggung. Kalau lucu ya lucu banget tapi secara keseluruhan masih nanggung, buat lucunya juga sebenernya gue bingung. Kalau disimpukan, oke sajian ini kayaknya masih kurang. Kira-kira begitu,” tukas pentolan band Noah, Ariel.

Yovie juga hampir serupa berkomentar. “Mereka itu lebih lucu dan keren ketika audisi dan nyanyi Apa Apanya dong, ekspresi lebih lepas,” tukas pencipta lagu dan produser ini.

Sementara Judika punya pendapat lain. “Menurut gua hari ini kalau rock and roll ya rock and roll aja. Di awal, rock and roll, di belakang agak anti klimak. Harus ada teknik vokal yang agak tinggi karena musiknya ekspresif banget,” begitu kira-kira komentar jebolan Indonesian Idol ini.

Sedangkan Rossa menilai dari pikiran orang di rumah. “Terhibur. Mungkin udah ngantuk jam segini (penonton di rumah dan di studio-red). Energi kalian ini bisa deliver ke mereka,” tukas Rossa sambil bertanya pada penonton. “Tapi kalian semangat dalam menampilkan sesuatu, berpikir gimana caranya, penampilan beda dari orang lain,” imbuh Rossa lagi. 

 Dari personel band berusia 21-27 tahun ini, yang menarik perhatian adalah Danang. Lelaki berambut panjang ini tampil dengan ikat kepala bandana loreng dan rompi dengan tanpa kaus dalam. Rossa bilang, Danang yang dipanggil Robby Purba, host acara ini sebagai Bu Anggun C Sasmi, tampil paling keren dan paling berani karena hadir di panggung tanpa kaus dalam. (Hilal Ahmad)