Trafik Naik, XL Axiata Perkuat Jaringan Data

Base transceiver station (BTS) XL Axiata di Maumere. XL Axiata meningkatkan kualitas jaringan data di seluruh wilayah Indonesia sesuai kebutuhan pelaggan.

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus meningkatkan kualitas jaringan data di seluruh wilayah Indonesia. Penguatan jaringan data ini terus dilakukan seiring dengan meningkatnya trafik penggunaan layanan data karena semakin banyaknya aktivitas masyarakat untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah.

XL Axiata juga berkomitmen untuk mendukung kenyamanan masyarakat dengan kesiapan jaringan dan berbagai paket layanan yang menarik selama Ramadan dan Lebaran di rumah melalui program #DiRumahLebihBaik dan #TerusSebarKebaikan.

“Demi memenuhi kebutuhan pelanggan selama periode Ramadan dan sekaligus berdiam di rumah terkait Covid-19, kami telah meningkatkan kapasitas jaringan data hingga dua kali lipat. Apalagi kami juga menawarkan sejumlah paket spesial selama Ramadan hingga Lebaran nanti, baik untuk pelanggan prabayar maupun pascabayar, termasuk juga XL Home, yang biasanya mendapatkan sambutan positif pelanggan,” ungkap Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Dian Siswarini kepada wartawan, Rabu (22/4).

Dian menambahkan saat ini beberapa area mengalami peningkatan trafik data yang relatif merata seperti regional Sumatera sekitar 15,9 persen, regional Jabodetabek dan sebagian Kalimantan 15,8 persen, regional Central (Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan sebagian Kalimantan) 15,5 persen, East (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan sekitarnya) 15,8 persen. Dari pola penggunaan data dan aplikasi, layanan berbasis streaming mendominasi mencapai sekitar 66 persen, instant messaging 16 persen, social network 11,5 persen, dan lain-lain sekitar 6,5 persen.

Secara keseluruhan selama periode waktu diberlakukanya kebijakan bekerja dari rumah (WFH) dan belajar dari rumah (SFH), lanjut Dian, untuk trafik layanan seluler terjadi peningkatan trafik sekitar 18 persen dari kondisi normal. Sedangkan untuk layanan XL Home peningkatan trafik sekitar 20 persen dari kondisi normal. Kenaikan trafik terjadi secara merata di berbagai kota/wilayah khususnya di wilayah perumahan atau residensial.

XL Axiata juga memanfaatkan Mobile BTS untuk ditempatkan diberbagai rumah sakit yang saat ini merawat pasien Covid-19 seperti rumah sakit rujukan, rumah sakit darurat, permukiman dan lokasi-lokasi strategis lainnya untuk mendukung Lebaran 2020 sehingga pelanggan tetap bisa berkomunikasi bersama keluarga dan sanak saudara.

Beberapa program promo yang akan dijalankan selama Ramadan seperti untuk pelanggan XL prabayar adalah fitur Xtra Unlimited TURBO dan bagi pelanggan AXIS tersedia Paket AXIS. Sementara pelanggan pascabayar XL Prioritas bisa menikmati manfaat promo diskon plan bulanan dan booster bagi pelanggan baru dan promo diskon Booster, upgrade plan, dan bonus kuota kepada pelanggan setia.

Tidak ketinggalan, layanan XL Home juga menyediakan program khusus Ramadan berupa Paket Ramadan Full Faedah dengan XL Home, paket promo IDR 299rb/bulan dengan kecepatan hingga 100Mbps yang dikemas dengan XL HOME Entertainment Box, sehingga pelanggan bisa menikmati tayangan hiburan lokal dan kelas dunia. (aas)