PANDEGLANG – Selain memberikan bantuan untuk korban banjir di Desa Perdana, Kecamatan Sukaresmi,Kabupaten Pandeglang, Tim Relawan Gabungan juga memberikan trauma healing untuk anak-anak di lokasi banjir, Rabu (7/1/2015). Trauma healing ini untuk menghilangkan trauma bencana pada anak-anak.

“Seringkali korban bencana hanya diberikan bantuan untuk asupan fisik, padahal secara psikologis juga mereka perlu mendapat perhatian, terutama anak-anak korban bencana,” kata Alyth Prakarsa, koordinator trauma healing.

Trauma healing ini mendapat sambutan hangat anak-anak bahkan sejumlah orangtua juga ikut menyaksikannya. “Saat trauma healing untuk anak-anak, orangtua biasanya memang ikut bergembira. Namun saat trauma healing untuk para orangtua, anak-anak tidak dilibatkan,” tambahnya.

Saat trauma healing anak-anak dibawa bergembira dengan aneka permainan dan hiburan. “Kami juga mengajari anak-anak tentang bagaimana hadapi bencana. Kita tidak memberikan anak-anak makanan tapi mereka mengambil sendiri supaya mereka menghargai bahwa tangan di atas tetap lebih baik dibanding tangan di bawah saat bencana sekalipun,” ujarnya. (qizink)***