Tujuh Bahan Makanan yang Wajib Ada di Dapur Anda

0
80

JIKA Anda selalu berusaha untuk menjadi juru masak andalan di rumah, pastikan menyetok bahan makanan di dapur tertata dan tersedia dengan baik.

Sebab, menyediakan stok bahan makanan yang tepat akan sangat memudahkan Anda saat mulai memasak, bahkan mendorong Anda untuk rajin mengolah makanan di dapur.

Berikut ini beberapa bahan makanan yang harus ada di dapur Anda, seperti dilansir laman Yahoo Health, Senin (21/5).

1. Kembang kol

Kembang kol kaya akan senyawa kolin dan fosfor, yang berfungsi untuk memperbaiki membran sel.

Kembang kol juga tinggi dalam flavonoid dan polifenol, yang melindungi kesehatan otak.

Sebagai sumber protein dan serat tumbuhan yang baik, kembang kol juga dikaitkan dengan serotonin, yang berarti bisa membantu Anda merasa lebih baik, lebih bahagia dan lebih tenang.

Karena ini diperlukan untuk otak dan sistem saraf untuk beroperasi secara efisien, cauliflower adalah tambahan yang cerdas untuk diet Anda.

2. Tomat

Tomat kaya akan berbagai macam nutrisi. Ini termasuk beta karoten, lutein dan lycopene, yang telah terbukti mendukung kesehatan okular dengan membantu melindungi mata dari katarak, kerusakan akibat cahaya dan degenerasi makula karena bertambahnya usia.

3. Bawang

Dikemas dengan nutrisi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bawang juga bagus untuk mengurangi peradangan yang menyebabkan penyakit, melawan infeksi dan menghilangkan radikal bebas yang merusak.

Namun, bawang memiliki beberapa manfaat kesehatan yang kurang dikenal juga. Mineral dan minyak dalam bawang membantu meningkatkan metabolisme.

Demikian juga, bawang membantu menjaga produksi kolagen (untuk kulit muda dan rambut tebal dan kuku) dan juga membantu mengatur suasana hati dan tidur – yang berarti Anda akan tidur, melihat dan merasa lebih baik.

4. Kacang

Semua kacang mengandung protein, dan masing-masing menawarkan manfaat kesehatannya sendiri yang unik.

Kenari adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, yang membantu mendukung tidak hanya kesehatan jantung dan arteri tetapi juga fungsi kognitif.

Demikian pula, kacang Brasil kaya akan selenium, nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tiroid yang optimal.

Kacang mete sangat kaya akan magnesium, triptofan, dan seng yang meningkatkan suasana hati yang mereka kenal sebagai “Prozac alam.”

5. Bawang putih

Bawang putih terkenal karena sifat penyembuhannya, yang juga meluas ke salah satu organ terpenting kita, yakni hati.

Karena hampir setiap nutrisi yang kita konsumsi melewati hati dalam perjalanannya menuju bentuk biokimia yang berbeda.

Hati melakukan pekerjaan penting setiap hari – jadi menjaganya tetap sehat sangat penting untuk kesehatan yang baik secara keseluruhan.

Bawang putih kaya akan senyawa allicin dan selenium, yang membantu membersihkan hati dan mengeluarkan racun.

6. Jamur

Jamur lebih dari sekadar sumber protein rendah kalori, bebas kolesterol – mereka juga bisa membantu menjaga gigi dan gusi pada kesehatan yang optimal.

Jamur Shiitake, khususnya, dikemas dengan lentinan, polisakarida dengan sifat antibakteri kuat yang melawan bakteri pembangun plak di antara gigi dan sepanjang garis gusi.

7. Anggur merah

Anggur merah penuh dengan resveratrol antioksidan (yang sama yang membuat anggur merah menjadi minuman dewasa yang lebih sehat).

Resveratrol terkenal untuk meningkatkan kelincahan mental dan ingatan. Ini dilakukan dengan meningkatkan aliran darah neurologis, yang membantu mempercepat respon mental.

Tingkat antioksidan yang tinggi juga memiliki manfaat tambahan, yakni membantu menghilangkan racun, termasuk asam urat dari tubuh dan mempercepat pemulihan otot pasca-latihan. (fny/jpnn)