Tujuh Jabatan Kepala OPD Pemkab Lebak Kosong

0
586 views

LEBAK – Pemkab Lebak akan segera menggelar open bidding atau seleksi terbuka untuk jabatan pimpinan tinggi pratama atau pejabat setingkat eselon II. Upaya itu dilakukan guna mengisi kekosongan tujuh jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang  kosong seperti, jabatan kepala Dinas Peternakan (Disnak), kepala DPMPTSP, kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), kepala Dinas Ketahanan Pangan, kepala Dinas Pariwisata (Dispar), kepala Dinas Koperasi (Dinkop), Direktur RSUD Adjidarmo dan jabatan Asda III Pemkab Lebak.

“Ya, awal tahun 2020 ini, atau pertengahan Januari ini akan segera digelar open bidding atau seleksi terbuka untuk jabatan pimpinan tinggi pratama atau pejabat setingkat eslon II B yang belum terisi. Karenanya, saya berharap kepada seluruh pejabat eselon III yang telah memenuhi persyaratan untuk ikut,” kata Bupati Iti Octavia Jayabaya kepada Radar Banten, Kamis (2/1).

Dia menerangkan, sebelum open bidding digelar, pihaknya melalui Badan Pertimbangan jabatan dan kepangkatan (Baperjakat) akan terlebih dahulu membentuk panitia seleksi (pansel) dan menyampaikan rencana kegiatan itu ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Nanti Baperjakat membentuk panitia dan menyampaikan ke KASN. Kalau sudah disetujui, Bupati akan membuat pengumuman. Tapi, kalau dari KASN belum menyetujui, maka akan kita usulkan lagi,” ujar ketua DPD Partai Demokrat Banten ini.

Iti berharap, jabatan kepala OPD yang saat ini dijabat Plt dapat segera terisi oleh pejabatan definitif. “Kita berharap tiga bulan ke depan, sudan melakukan penetapan kepala dinasnya,” katanya.

Sekda Pemkab Lebak Dede Jaelani mengklaim, walaupun ada beberapa jabatan kepala OPD dipimpin oleh Plt, tetapi aktivitas pekerjaan tidak terganggu. “Tetap normal, apalagi DPMPTSP langsung berkaitan dengan masyarakat. Saya juga berharap kinerja terus ditingkatkan bukan hanya di OPD yang dipimpin Plt, tapi semua OPD,” katanya.

Dede mengatakan, tahun ini ada 300 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Lebak yang memasuki pensiun. Dari jumlah yang pensiun itu, satu di antaranya adalah kepala dinas (kadis). “Ya, memang ada pejabat eselon II memasuki masa pensiun bersama ratusan ASN lainnya. Bila melihat estimasi usia ada sekitar 300 an ASN di Lebak yang memasuki pensiun tahun ini,” ujarnya. (nce/zis)