Tujuh Kecamatan di Tangsel Berebut Piala Bergilir Semarak Kemerdekaan

TANGERANG SELATAN – Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sukses menggelar lomba bersih saluran (LBS) akhir pekan lalu. Lomba tersebut dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel, Aries Kurniawan mengatakan, LBS merupakan agenda rutin tahunan yang selalu dilaksanakan. Teknisnya penilaian dan juri dilakukan tim dari Dinas Pekerjaan Umum Tangsel dan tim Forum Kota Sehat. Dan untuk peserta merupakan dari kelurahan yang mewakili tujuh kecamatan yang diusulkan masing-masing kecamatan.

Aries menambahkan, kegiatan ini merupakan upaya untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan saluran di lingkungan tempat tinggal. “Masyarakat diberi contoh agar mau membersihkan lingkungannya masing-masing. Minimal di depan rumah kita dibersihkan. Dan penilaian lomba meliputi aliran air lancar, tidak ada semak atau rumput, inter koneksi antar saluran, partisipasi gotong royong dan lainnya. Untuk hadiahnya akan kami berikan piala bergilir pada saat upacara bendera pada 17 Agustus mendatang,” tambahnya.

Sementara Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, bahwa kegiatan ini diikuti setiap kecamatan, dan ada titik tertentu yang dinilai oleh Dinas Pekerjaan Umum. Terutama dalam rangka untuk pembersihan saluran air depan rumah masing-masing atau gorong-gorong.

Lanjutnya, dengan adanya kegiatan LBS ini, dirinya berharap penilaian bisa menumbuhkan motivasi khususnya bagi masyarakat, bahwa partisipasi aktif warga itu sangat penting. Untuk diketahui, pada kegiatan Sabtu (3/8) lalu penilaian dilakukan di empat kecamatan yakni, Setu, Serpong Utara, Ciputat dan Ciputat Timur. Sedangkan d ihari Minggu (4/8) yakni Kecamatan Serpong, Pamulang dan Pondokaren.

Camat Serpong Utara Bani Khosyatullah mengatakan, kegiatan gotong royong ini melibatkan warga se-RW, Karang Taruna, KNPI, staf kelurahan dan kecamatan. “Kami bersama warga membersihkan saluran sepanjang kurang lebih dua kilometer di Kampung Dongkal, dan tahun lalu Serpong Utara juara 1 dalam kegiatan lomba bersih saluran,” katanya. (you/adm/sub)