Tujuh Makanan yang Mengandung Vitamin K Tinggi

MENGONSUMSI makanan mengandung vitamin K dianjurkan dilakukan secara berimbang, karena tubuh tidak selalu membutuhkannya setiap hari.

Kelebihan vitamin K yang berasal dari makanan akan disimpan di dalam organ hati untuk digunakan jika tubuh Anda memerlukannya.

Mengonsumsi vitamin K sebagai suplemen hendaknya melalui konsultasi dokter, karena vitamin K bisa menghasilkan efek samping tertentu jika dikonsumsi terlalu banyak atau bersama dengan obat tertentu, seperti obat pengencer darah.

Berikut ini beberapa makanan yang mengandung vitamin K tinggi, seperti dilansir laman Prevention, Kamis (27/12).

1. Natto

Kandungan vitamin K: 850 mcg per 3 ons

Natto adalah makanan sarapan Jepang yang lengket dan bau yang dibuat dengan kacang kedelai yang difermentasi. Karena terfermentasi, maka natto kaya akan probiotik usus.

Probiotik dalam kedelai yang difermentasi lengket ini membantu pencernaan, sedangkan vitamin K juga memainkan peran penting dalam kesehatan tulang.

2. Collard Greens

Kandungan vitamin K: 530 mcg per 1/2 cangkir, direbus

Collard Greens memasok dosis serat, besi, kalsium dan mangan yang sangat baik.

Collards bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan vitamin K membantu proses anti-inflamasi juga.

3. Lobak hijau

Kandungan vitamin K: 426 mcg per 1/2 cangkir, direbus

Sebagai anggota dari keluarga sayuran cruciferous, lobak hijau mengandung fitonutrien yang memerangi penyakit yang bisa membantu menurunkan peradangan dan mengurangi risiko Anda terkena kanker.

Selain itu, vitamin K dalam sayuran super ini juga bisa membantu mengurangi anemia, memperbaiki kondisi kulit dan rambut dan menurunkan kadar gula darah.

4. Brokoli

Kandungan vitamin K: 110 mcg per 1/2 cangkir, direbus

Selain kandungan vitamin K yang kuat, brokoli juga merupakan sumber yang kaya vitamin C, nutrisi kunci lain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Brokoli memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan menghilangkan radikal bebas dan racun dari tubuh. Brokoli juga membantu menjaga kesehatan kulit dan menjaga jantung Anda sehat.

5. Kedelai

Kandungan vitamin K: 43 mcg per 1/2 cangkir, direbus

Sementara kedelai adalah protein yang kuat, mereka juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan melindungi terhadap kanker, berkat vitamin dan mineral campuran kuat mereka.

6. Jus wortel

Kandungan vitamin K: 28 mcg per 6 ons

Sama seperti semua sayuran oranye, wortel mendapatkan A + dari ahli diet karena kaya akan beta karoten, sejenis vitamin A yang melindungi permukaan mata dan berkontribusi pada penglihatan yang lebih kuat.

7. Minyak kedelai

Kandungan vitamin K: 25 mcg per sendok makan

Masak dengan sumber lemak omega-6 ini atau gunakan dalam dressing dan marinade untuk melawan kolesterol jahat dan penyakit Alzheimer.

Pastikan untuk menyeimbangkan lemak Anda dengan menambahkan lebih banyak omega-3 dalam diet Anda dengan salmon dan kacang-kacangan liar. (fny/jpnn)