Tumbangkan Rusia, Slovakia Sukses Raih Tiga Poin

Euro 2016
Marek Hamsik saat merayakan golnya ke gawang Rusia. (Twitter: @UEFAEuro)

SLOVAKIA sukses meraih tiga poin perdana di Grup B Euro 2016 setelah menumbangkan perlawanan Rusia dengan skor 2-1 di Stade Pierre-Mauroy, Villeneuve-d’Ascq (15/6). Hasil ini membuat Rusia belum meraih kemenangan di Euro 2016.

Turun dengan skuat terbaiknya, sejatinya Rusia lebih dahulu ambil alih penyerangan. Anak asuh Leonid Slutsky ini beberapa kali menyerang pertahanan Slovakia.

Pada menit ke-20 contohnya. Striker mereka, Artem Dzuba memperoleh peluang manis. Dia berhasil merangsek ke kotak penalti Slovakia. Sayang aksinya masih bisa digagalkan Jan Durica dan hanya membuahkan sepak pojok.

Selepas itu kedua tim silih berganti memburu gol lewat serangan dari berbagai lini. Hasilnya, Slovakia nyaris membobol gawang Rusia yang dikawal Igor Akinfeev. Namun, aksi Robert Mak tertangkap offside.

Serangan Slovakia semakin sporadis usai gol yang dianulir itu. Hasilnya, pada menit ke-32, tim asuhan Jan Kozak ini sukses membuka gol lewat Vladimir Weiss.

Pemain binaan Manchester City ini sukses memerdaya Akinfeev setelah menerima umpan terobosan Marek Hamsik. Mengelabui dua pemain, Weiss sukses mencatatakan namanya di papan skor.

Slovakia semakin di atas angin kala Marek Hamsik gantian mencetak gol. Berawal dari sepakan pojok yang dilakukan dengan cepat, bola ditekuk Hamsik untuk membuka ruang dan sepakan melengkungnya membentur tiang jauh sebelum masuk ke gawang Akinfeev.

Gol itu sekaligus mengakhiri babak pertama. Turun minum, Slovakia unggul 2-0 atas Rusia.

Memasukki paruh kedua, Rusia mencoba menambah daya gedornya. Mereka melakukan dua pergantian sekaligus, yakni Denis Glushakov dan Pavel Mamaev. Keduanya menggantikan Aleksandr Golovin, dan Roman Neudstaedter.

Hasilnya cukup terasa untuk Rusia. Beberapa kali anak asuh Leonid Sliutsky ini mendapatkan peluang emas.

Pada menit ke-57 contohnya melalui Oleg Shatov. Duia mendapatkan ruang dari kotak penalti, tetapi sepakannya masih melambung tinggi di atas mistar gawang Matus Kozacik.

Memasuki menit ke-65, Rusia terus menekan. Artem Dzuba kali ini mendapatkan kesempatan. Namun, sepakannya masih bisa diblok oleh Kozacik.

Gol yang ditunggu-tunggu Rusia akhirnya tercipta pada menit ke-80. Ialah pemain pengganti, Denis Glushakov yang sukses memperkecil kedudukan.

Berawal dari serangan cepat di sisi kiri, Glushakov sukses menanduk bola dengan sempurna. Pertandingan kembali seru.

Gol tersebut seakan menghidupkan asa Rusia. Beberapa kali mereka menekan. Pada menit ke-85, Dzyuba kembali mendapatkan peluang matang. Namun, lagi-lagi sepakannya masih bisa diadang oleh bek Slovakia.

Hingga peluit panjang ditiupkan, skor 2-1 untuk keunggulan Slovakia bertahan. Atas hasil ini, Slovakia meraih poin penuh perdana usai kalah di pertandingan pembuka dari Wales.

Sedangkan, Rusia belum sama sekali meraih kemenangan. Sebelumnya, mereka hanya meraih hasil imbang kontra Inggris. (ies/JPG)

Susunan Pemain:

Slovakia: Matus Kozacik, Martin Skrtel, Tomas Hubocan, Jan Durica, Peter Pekarik, Marek Hamsik, Juraj Kucka, Viktor Pecovsky, Ondrej Duda (Adam Nemec 67′), Vladimir Weiss (Dusan Svento 72′), Robert Mak (Michal Duris)

Rusia: Igor Akinfeev, Igor Smolnikov, Sergei Ignashevich, Vasili Berezutski, Georgi Shchennikov, Fedor Smolov, Roman Neustaedter (Denis Glushakov 46′),Aleksandr Kokorin (Roman Shirokov 76′), Aleksandr Golovin (Pavek Mamaev 46′), Oleg Shatov, Artem Dzyuba