Tuna Netra Tangsel Antusias Ikut Pelatihan Hadroh Dinsosnakertrans

0
585 views
Pelatihan Hadroh Dinsosnakertrans Kota Tangsel

TANGSEL – Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Tangerang Selatan memberikan pelatihan hadroh dan marawis kepada 15 orang penyandang disabilitas netra. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Yayasan Raudlatul Makhfufin (Taman Tunanetra) Kampung Jati Rt 002/05 Kelurahan Buaran, Kecamatan Serpong, Rabu kemarin.

Ke-15 orang ini terlihat antusias dalam memainkan alat musik tersebut, tidak ada rasa kaku maupun grogi, mereka terlihat seperti sudah terbiasa dalam memainkannya.

advKepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Dinsosnakertrans Tangsel, Kuswanda, menjelaskan pelatihan ini merupakan program pelayanan dan rehabilitasi Dinsosnakertrans bagi penyandang cacat eks trauma dan kejiwaan. “Kita memberikan pelatihan hadroh kepada 15 orang agar mereka bisa memanfaatkannya tidak hanya untuk dirinya melainkan juga untuk orang lain,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Kuswanda pun berharap, latihan ini dapat diteruskan menjadi sebuah profesi serta bisa ditampilkan dalam kegiatan-kegiatan penting yang ada di Tangsel.

adv2Terpisah, Kepala Seksi Pelayanan penyandang cacat Dinsosnakertrans, Abdurahman, menjelaskan 15 tuna netra ini berasal dari Tangsel yang diberikan pelatihan agar mereka memiliki keahlian dalam memainkan alat musik, sehingga bisa menjadi satu mata pencarian buat mereka.

Sementara salah seorang tuna netra, Ropik, sangat senang dengan latihan yang diberikan Dinsosnakertrans. “Senang dapat latihan ini. Sebelumnya pernah main hadroh tapi itu asal-asalan, sekarang ada pelatihnya jadi lebih mengerti,” pungkasnya.

Dia mengatakan akan terus berlatih dengan giat. “Kalau udah bisa dan ngerti kan enak, nanti bisa tampil di depan orang,” katanya dengan polos. (Adv)