Penyerahan akta kelahiran dan KIA di aula Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Jumat (3/5).

TANGERANG – Pertama kali di Banten. Tunanetra di Kota Tangerang Selatan mendapatkan akta kelahiran dan kartu identitas anak (KIA) dengan tulisan huruf braille.

Penyerahan akta kelahiran dan KIA dilakukan di aula Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Jumat (3/5).

Pelayanan dan penyerahan dokumen kependudukan bagi warga tunanetra diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tangsel dengan Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI). Peduli warga tunanetra dalam pemenuhan akta dan KIA.
“Pemberian akta kelahira dan KIA huruf braille ini merupakan pertama di Banten. Sedangkan untuk di Indonesia, hanya Tangsel dan Kota Bandung,” kata Kepala Disdukcapil Tangsel Dedi Budiawan.

Tujuannya, lanjut dia, supaya para tunanetra juga tertib administrasi kependudukan. “Jadi, mereka menerima dua kertas. Satu huruf braille dan satu lagi cetakan asli negara. Untuk Tangsel, kami menargetkan 800 tunanetra punya akta kelahiran serta bagi anak-anak memiliki KIA. Sekarang baru simbolis kepada delapan orang dulu,” tukasnya. (Wahyu)