Tundukkan Irlandia Utara 1-0, Jerman Pemuncak Klasemen Grup C

Twitter/@UEFAEuro
Twitter/@UEFAEuro

JERMAN sukses mendapatkan status juara Grup C Euro 2016. Ini setelah mereka berhasil menundukkan Irlandia Utara dengan skor tipis 1-0 di Parc des Princes, Paris, Selasa (21/6).

Memulai pertandingan, sejak awal prediksi Jerman memang langsung tancap gas. Beberapa kali, anak asuh Joachim Loew ini mengancam lini pertahanan Irlandia Utara.

Jerman mendapatkan peluang melalui Thomas Muler pada menit enam. Umpan terukur diterima oleh pemain Bayern Muenchen tersebut, dan tinggal berhadapan dengan kiper Irlandia Utara. Sayangnya penyelesaian akhir yang kurang sempurna membuat bola masih bisa dihalau oleh sang kiper.

Pada menit ke-11 giliran Mario Goetze yang mendapatkan peluang manis. Namun sayang, sepakannya masih melambung di atas mistar McGovern.

Sepuluh menit berselang, Mario Gomez gantian mengancam. Namun lagi-lagi masih mentah di lini pertahanan dari Irlandia Utara.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya berbuah manis. Pada menit ke-29, Gomez memecah kebuntuan lewat golnya. Berawal dari kerja sama gemilang Mesut Oezil dan Mueller, Gomez menyambut bola dengan keras dan membobol gawang Irlandia Utara.

Selepas gol tersebut, tim Panzer terus menekan. Namun, sampai paruh pertama berakhir, skor 1-0 untuk Jerman tak berubah.

Memasuki babak kedua, serangan anak asuh Loew ini kembali terlihat. Beberapa kali, mereka menekan pertahanan Irlandia Utara.

Paruh kedua baru berjalan tujuh menit, Goetze mendapatkan peluang emas. Namun sayang, sepakannya yang sudah berada di depan gawang Irlandia Utara itu masih melebar.

Menit ke-59, giliran Samy Khedira beraksi. Tembakan keras dia lepaskan dari luar kotak penalti, namun bola bisa diblok oleh kiper Irlandia. Bola memantul dan akan diselesaikan oleh Gomez namun sundulannya masih melebar.

Hal serupa juga terjadi kepada Gomez. Pada menit ke-73, penyerang Besiktas ini gagal memaksimalkan peluang di mulut gawang.

Memasukki 10 menit terakhir, Jerman terus berkuasa atas Irlandia Utara. Tercatat, mereka menguasai 78 persen penguasaan bola dengan total 19 tendangan, dan delapan di antaranya tepat sasaran.

Pada menit ke-83, gantian Oezil yang mendapatkan peluang matang. Penetrasi cepatnya di sisi kanan, berhasil diselesaikan dengan tendangan kaki kiri. Namun, arah bola masih melambung tinggi ke atas mistar gawang.

Hingga peluit panjang ditiupkan, skor 1-0 untuk Jerman tak berubah. Der Panzer lolos ke babak 16-besar dengan status juara grup.

Meski punya poin yang sama dengan Polandia, Jerman unggul dalam hal gol. (ies/JPG)

Susunan pemain kedua tim:

Irlandia Utara (4-5-1): M. McGovern; Hughes, McAuley, Cathcart, Evans (McGinn 85′); Ward (Josh Magennis 70′), Evans, Norwood, Davis, Dallas; Washington (Kyle Lafferty 59′)

Pelatih: M. O’Neill

Jerman (4-2-3-1): M. Neuer; J. Boateng (Howedes 76′), Hummels, Hector, Kimmich; Kroos, Khedira (Schweinsteiger 69′) ; Gotze (Schuerrle 55′), Ozil, Muller; Gomez

Pelatih: Joachim Low