Tundukkan Porto, Liverpool Melaju ke Babak Semifinal

Liverpool melaju mulus ke babak semifinal Liga Champions. Tiket ke fase empat besar mereka raih usai menundukkan Porto di Estadio do Dragao, Kamis (18/4) dini hari WIB.

Sebelum pertandingan, Liverpool sudah mengantongi keunggulan agregat 2-0. Meski demikian, The Reds tetap menerapkan permainan menyerang di leg kedua ini. Beberapa peluang mampu didapat Mohamed Salah Cs sepanjang babak pertama. Namun dari sekian kesempatan, hanya satu yang berhasil membuahkan gol.

Di menit 26, Sadio Mane bisa melepaskan diri dari perangkap offside. Striker kebangsaan Senegal itu dengan mudahnya membelokkan bola yang dioper oleh Salah. Kiper Porto, Iker Casillas tak mampu berbuat banyak dalam melakukan penyelamatan.

Selepas jeda, Liverpool semakin tidak terkejar. Memasuki menit 65, Salah berhasil menorehkan namanya pada papan skor. Berawal dari umpan terobosan Trent Alexander-Arnold, Salah sukses menguasai bola dan berujung dengan gol kedua Liverpool.

Tiga menit kemudian, tuan rumah sempat memangkas ketertinggalan. Diawali umpan sepak pojok, Eder Militao berhasil menceploskan si kulit bundar lewat sundulannya.

Tapi keunggulan Liverpool kembali menjauh di menit 77. Umpan matang Jordan Henderson berhasil ditanduk dengan sempurna oleh Roberto Firmino.

Tak selesai sampai di situ. Virgil Van Dijk ikut menjebol gawang Porto di menit 84. Bek Liverpool tersebut sukses memaksimalkan umpan tendangan penjuru dari Sadio Mane.

Skor 4-1 bertahan hingga laga usai. Secara agregat, Liverpool unggul telak 6-1.

Susunan pemain
Porto: Casillas; Alex Telles, Pepe, Felipe, Eder Militao; Herrera, Danilo, Otavinho (Tiquinho 46′); Brahimi (Bruno Costa 81′), Corona (Fernando 77′), Marega.

Liverpool: Alisson; Alexander-Arnold (Gomez 66′), Van Dijk, Matip, Robertson (Henderson 70′); Wijnaldum, Fabinho, Milner; Salah, Mane, Origi (Firmino 46′).