Tunggakan BPJS ke RSDP Serang Rp19 Miliar

0
96
Ilustrasi

SERANG – RSUD dr Dradjat Prawiranegara Serang (RSDP) mengeluhkan tunggakan pembayaran dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan senilai Rp19 miliar. Kondisi itu dinilai mengganggu operasional rumah sakit milik Pemkab Serang tersebut.

Hal itu terungkap usai acara peringatan hari jadi RSDP ke-81 di halaman parkir RSDP, Selasa (20/8). Acara dibuka Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Turut hadir unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Serang dan Pelaksana Tugas RSDP dr Sri Nurhayati. Acara diikuti seluruh jajaran direksi, dokter, dan karyawan RSDP.

Sri mengungkapkan, pihaknya saat ini masih dihadapi persoalan tunggakan BPJS. Kondisi itu, dinilai Sri, cukup mengganggu operasional RSDP. “Nilai tunggakannya lumayan besar, sekitar Rp19 miliar. Itu yang jatuh tempo sejak 3 Juli,” ungkapnya.

Dengan adanya tunggakan tersebut, pihaknya terpaksa sering menunda pembayaran kepada vendor pendistribusi obat-obatan. Bahkan, beberapa vendor rekanan RSDP sudah tidak menerima permintaan obat atau close. “Sangat mengganggu (tunggakan BPJS-red). Kami terpaksa belum bayarkan ke vendor obat. Kalau vendor yang close, kami dahulukan bayar,” keluhnya.

Kata Sri, pihaknya sudah mendatangi pihak BPJS Kesehatan agar segera membayarkan tunggakan. Namun, sampai saat ini belum menemukan solusi. “Tapi memang ini masalah nasional. Dari BPJS juga masih bingung harus berbuat apa,” jelasnya.

Meski demikian, Sri memastikan, persoalan BPJS Kesehatan tidak mengganggu pelayanan kesehatan terhadap pasien. Ia memastikan, tidak ada pelayanan kesehatan yang dikurangi. “Apa pun yang terjadi, pelayanan tidak akan terganggu. Bahkan, terkadang kita yang harus berkorban,” tukasnya.

Sekadar diketahui, pada acara peringatan hari jadi RSDP, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberikan penghargaan kepada para purnabakti hingga pegawai teladan RSDP. Selain itu, pemberian sembako hingga beasiswa kepada anak pegawai RSDP.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta, RSDP terus melayani masyarakat sesuai visi misinya, yakni meningkatkan angka harapan hidup (AHH) dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Serang. Tatu menilai, RSDP sudah dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dibuktikan dengan raihan akreditasi paripurna.

“Saya ucapkan selamat kepada RSDP yang sudah mempertahankan akteditasi rumah sakit bintang lima di wilayah Banten. Semoga RSDP terus melayani masyarakat Banten, khususnya Kabupaten Serang melalui implementasi pelayanan terintegrasi yang baik,” harapnya. (jek/zai/ags)