SERANG – Tersangka kasus dugaan suap Bank Banten, mantan Direktur Utama PT Banten Global Development Ricky Tampinongkol kini sudah berada di Rumah Tahanan Kelas II B Serang.

Dalam waktu tidak lama lagi, ia akan di menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Serang.

Baca juga : Ricky Tampinongkol Huni Lapas Serang

Pelimpahan Ricky ke Rutan Kelas II B Serang setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah merampungkan penyidikan perkara dugaan suap kepada DPRD Banten terkait pembentukan Bank Banten.

Menurut Kepala Rutan Kelas II B Serang Prihartati, Ricky sudah beberapa hari menghuni kamar 13 Rutan Serang, khusus tahanan kasus korupsi.

Ricky resmi menjadi tahanan titipan pada Kamis (28/1/2016), setelah penyidik KPK mengantarkan Ricky untuk dititipkan ke Rutan Serang. “Tidak ada perlakuan istimewa kepada Pak Ricky. Beliau kita tempatkan di kamar yang sudah dihuni delapan orang. Jadi ditambah Pak Ricky, semuanya ada sembilan orang,” ujar Prihartati ketika ditemui di kantornya kemarin, (1/2/2016).

Dikatakan dia, penahanan Ricky di rutan Serang bersifat hanya sementara. Ia ditahan di Rutan Serang hanya untuk menjalani proses sidang. “Saya belum tau, sepertinya jika sudah selesai persidangan akan ditempatkan ke Sukamiskin, Bandung.”

Saat ini Jaksa KPK tengah menyusun berkas dakwaan terhadap Ricky. Setelah berkas dakwaan rampung dalam beberapa hari ke depan, pihak KPK akan berkoordinasi dengan pihak Pengadilan Tipikor Serang melalui Panitera Muda (Panmud) Pengadilan Tipikor Serang, untuk penjadwalan sidang kasus dugaan suap pembentukan Bank Banten ini. (Wahyudin)