Tunjangan Kades di Kabupaten Serang Meningkat

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah (tengah) didampingi Kepala DPMD Kabupaten Serang Rudi Suhartanto (Kiri) dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang Mansur Barmawi (kedua kiri) berjalan di depan ambulans bantuan Pemkab untuk desa, Kamis (19/12).

Tatu Distribusikan 100 Ambulans dan 326 Motor

SERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menambah tunjangan untuk kepala desa (Kades) sebesar Rp500 ribu. Selain itu, Pemkab juga memberikan bantuan 100 ambulans untuk 100 desa dan 326 motor untuk 326 desa guna operasional pelayanan masyarakat.

Hal itu terungkap pada acara penyerahan bantuan ambulans desa, reward kader posyandu, dan pemberian bantuan roda dua kepada penyuluh keluarga berencana (KB) desa di lapangan indoor Kabupaten Serang, Kamis (19/12).

Turut hadir Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serang Mansur Barmawi, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang Agus Sukmayadi, Perwakilan Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBPPPA), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Rudi Suhartanto, para kepala desa, kepala puskesmas, dan kader posyandu perwakilan kecamatan.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, dengan pemberian bantuan 100 ambulans dan 326 unit kendaraan roda dua, pemerintah desa harus meningkatkan pelayanan kepada warga secara maksimal. “Tunjangan kades kami tambahkan, semoga jadi penyemangat untuk terus tingkatkan pelayanan,” kata Tatu kepada wartawan di Pendopo Bupati Serang.

Dijelaskan Tatu, tunjangan para kades sebelumnya hanya Rp800 ribu per bulan, ditambah Rp500 ribu, jadi para kades mulai akhir 2019, 2020 dan seterusnya akan menerima tunjangan sebesar Rp1.300.000 per bulan di luar penghasilan tetap. “Semoga para kades jadi lebih semangat dan lebih gigih dalam memimpin dan mengayomi masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, untuk pemberian kendaraan ambulans kepada desa, Tatu mengaku sudah merencanakan hal ini sejak tahun-tahun sebelumnya, baru terlaksana memberikan 100 ambulans untuk 100 desa dan 326 motor. “Kami targetgan 2021 semua desa dapat ambulans,” ungkapnya.

Kepala DPMD Kabupaten Serang Rudi Suhartanto menambahkan, Pemkab Serang melalui DKBPPPA Kabupaten Serang juga memberikan bantuan berupa 29 motor sebagai sarana fasilitas pendukung kegiatan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga kepada penggerak desa. “Semoga dapat memberikan semangat penggerak desa,” ujarnya.

Rudi melanjutkan, Dinkes Kabupaten Serang juga memberikan reward kepada kader posyandu sebesar Rp2.299.500.000 untuk kader posyandu sebanyak 7.695 orang di 1.533 posyandu. Pemkab juga memberikan bantuan berupa uang pembangunan atau renovasi untuk 48 desa.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang Mansur Barmawi mengapresiasi dan mendukung Pemkab Serang yang memberikan bantuan kepada warga. Ambulans dan motor merupakan hal yang sangat dibutuhkan pemerintah desa untuk mobilisasi pelayanan. “Sekarang kalau ada warga yang sakit, sudah enggak usah pusing cari kendaraan lagi,” ungkapnya.

Senada disampaikan Kades Bojongpandan, Kecamatan Kramatwatu Hulman. Menurutnya, bantuan ambulans sangat bermanfaat bagi pemerintah desa yang melayani warga selama 24 jam nonstop. Hulman juga mengucapkan terima kasih atas penambahan tunjangan untuk kepala desa. “Semoga semakin bertambah lagi tunjangannya,” harapnya. (mg06/zee/ags)