Tuntut Perusahaan Lebih Peduli Lingkungan, Warga ‘Oncog’ PT SMI

Demo SMI
Warga Bojonegara saat menggelar unjuk rasa di PT SMI, Senin (25/1/2016).

BOJONEGARA – Ratusan warga Kecamatan Bojonegara berunjuk rasa di depan jalan PT Samudera Marine Indonesia (SMI). Unjuk rasa ini merupakan buntut kekesalan warga terhadap PT SMI yang tak kunjung menindaklanjuti permintaan warga Bojonegara, Senin (25/1/2016).

Tokoh masyarakat Bojonegara, Sofyandi Sidiq menuntut agar pemerintah tak tutup mata terkait persoalan yang terjadi di Bojonegara. Pasalnya perusahaan tersebut belum mengindahkan kesepakatan yang dibuat dengan warga.

“Permintaan kami sederhana, agar pemerintah turun tangan, agar persoalaan ini cepat selesai, dan PT BAM Group dalam hal ini PT SMI mengindahkan tuntutan kami” ujar Sofyandi.

Tuntutan tersebut di antaranya, PT BAM Group (PT SMI) harus membatasi ekspansi reklamasi laut, menormalisasi kali yang bermuara ke laut dari Kampung Pangsoran Pasar, Gunung Santri, dan Kali Kejangkungan, normalisasi sungai Desa Pengarengan sampai Desa Bojonegara.

Sementara itu, perwakilan dari PT SMI, Tubagus Oni mengatakan pihaknya akan menampung aspirasi warga Bojonegara terkait tuntutan tersebut. “Nanti usulan tersebut akan kita laporkan pada manajemen, karena aksi damai tadi ada beberapa tuntutan yang harus kami sepakati, jadi Insya Allah ke depan pihak manajemen akan merundingkanya,” ujarnya. (Ade F)