Ubah Limbah Menjadi Sabun Cair dan Detergen

0
105

CILEGON – Yayasan Sosial Berdikari Karya Sehati (YSBKS) memberikan pelatihan kepada masyarakat Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Rabu (27/9). Pelatihan yang diberikan yakni memproduksi sabun cair dan detergen yang terbuat dari limbah bahan baku nabati.

Pendiri YSBKS yang juga Ketua Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan Bumi Indonesia (Amphibi), Agus Salim Tanjung mengatakan pembuatan sabun cair dan detergen dari limbah bahan baku nabati ini merupakan salah satu alternatife untuk memecahkan solusi permasalahan lingkungan dampak dari perusahaan.

“Jadi ini mereka kebingungan juga. Bahan baku ini sering digunakan untuk reklamasi pantai. Bahan baku dari kelapa sawit ini sangat mulitiguna dengan kualitas yang sangat bersaing, kita sudah uji coba,” katanya.

Ia berharap masyarakat yang mengikuti pelatihan tersebut dapat bermanfaat dan bisa membuka home industri produksi sabun cair dan detergen. “Selain dari sini kami telah membuat di Lapas Bulak Kapal, Bekasi yang telah memproduksi cukup lumayan. Disana digunakan untuk mencuci pakaian napi (narapidana). Kemudian di Pondok Ilir-ilir sebuah yayasan rehabilitasi, dan juga di Medan,” ucapnya.

Sementara itu, Lurah Kedaleman Jahuri mengaku akan menindaklanjuti pelatihan yang telah diberikan oleh YSBKS beserta Amphibi tersebut kepada masyarakatnya. “Akan kita bimbing (membuka home industri) supaya ibu rumah tangga memiliki penghasilan tersendiri agar dapat membantu suaminya,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)