UIN Banten Tingkatkan Mutu Kampus

SERANG – UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten bertekad memperbaiki kualitas kampus dengan target pada akreditasi institusi pada 2021 mendapat akreditasi yang lebih baik. Salah satu cara dalam mengarah kepada perbaikan kualitas kampus adalah dengan mengadakan Sosialisasi Standar Akreditasi Sembilan Standar yang diadakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).

Ketua LPM UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Hidayatullah, Jumat (13/9), mengatakan, pelaksanaan sosialisasi sembilan standar ini merupakan langkah awal persiapan akreditasi kampus yang akan habis pada September 2021 mendatang dan harus mulai disusun sembilan standarnya dari akhir tahun ini.

Dia mengatakan pentingnya kegiatan sosialisasi ini, maka dihadirkan langsung narasumber dari BAN-PT, Prof Dr Suwito yang termasuk salah satu asesor dari BAN-PT. Diharapkan dengan narasumber yang berkompeten akan dapat menyerap materi yang berhubungan dengan penilaian akreditasi.

Rektor UIN Banten Fauzul Iman mengatakan, ini menjadi awal yang baik bagi akreditasi kampus karena waktu re-akreditasi yang masih cukup lama pelaksanaannya tetapi sudah dipersiapkan dari saat ini. Dengan persiapan yang cukup matang ini diharapkan mampu memberikan hasil akreditasi yang lebih baik lagi.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi acuan kita untuk mempersiapkan diri menjelang akreditasi agar mendapat hasil yang maksimal,” ungkapnya.

Dalam pemaparan yang disampaikan narasumber, instrumen akreditasi terbaru ini ada sembilan standar yaitu visi misi tujuan dan strategi, tata pamong, mahasiswa, SDM, keuangan, sarana prasarana, pendidikan, penelitian, oengabdian kepada masyarakat dan luaran serta capaian tridharma. 

Kegiatan ini dihadiri oleh satuan kerja yang ada di UIN sebanyak 87 peserta terdiri dari rektorat, fakultas, ketua jurusan hingga kepala unit yang nantinya akan memberikan data yang kemudian akan diinput pada aplikasi LKPT. (aas)