Uji Coba Satu Arah, Kendaraan Padat di Empat Lokasi

0
507 views
Walikota Serang Syafrudin ikut mengatur arus lalulintas saat meninjau uji coba sistem satu arah di perempatan Warung Pojok, Cipare, Kota Serang, Senin (22/4).

SERANG – Sistem satu arah atau one way di jalur protokol Kota Serang kembali diujicobakan, pada Senin (22/4). Dari uji coba tersebut, terjadi kepadan lalu lintas kendaraan di empat lokasi yaitu di Jalan Abdul Fatah Hasan Cijawa, simpang empat Warungpojok arah Ciwaru, perempatan Ciceri, dan sekitar Alun-alun Kota Serang atau Kaujon.

Kepadatan paling crowded terjadi di simpang empat Ciceri. Kemudian, di simpang empat Warungpojok karena menjadi titik pertemuan jalur satu arah dari lajur Jalan KH Sochari dan Jalan Abdul Hadi.

Seperti uji coba pertama Sabtu (20/4), kemarin uji coba dilakukan dua kali. Pagi hari mulai pukul 06.00 sampai 09.00 WIB dan sore hari mulai pukul 15.00 sampai 18.00 WIB.

Pantauan di sepanjang lajur jalan satu arah cukup lancar. Misalnya, di Jalan Yusuf Martadilaga menuju Alun-alun, lajur Jalan A Yani menuju simpang empat Sumurpecung, dan Jalan Tb Achmad Khotib menuju perempatan simpang empat Pisangmas.

Namun, kepadatan terjadi di lajur Jalan Sochari menuju simpang empat Warungpojok dan simpang empat Kebonjahe. Sementara, di lajur Jalan Abdul Hadi ramai lancar.

Kepala Bidang Pengendali Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Serang Herunajaya tidak mengelak ada beberapa titik yang terdampak uji coba penerapan one way tersebut mengalami kepadatan volume kendaraan. “Tapi, masih batas wajar. Nanti akan kita hitung efektivitasnya,” katanya ditemui di simpang empat Warungpojok, Kota Serang, di sela-sela pantauan.

Uji coba akan dilaksanakan sekali lagi pada Selasa (23/4). Rekayasa lalu lintas tersebut dilakukan pada lima lajur jalan. Yakni, arah Jalan KH Abdul Hadi menuju Jalan Yusuf Martadilaga dan Jalan Yusuf Martadilaga menuju Alun-alun Kota Serang. Lalu, Jalan KH Achmad Khotib menuju simpang empat Pisangmas, Jalan Ahmad Yani menuju simpang empat Ahmad Yani, serta Jalan KH Sochari menuju simpang empat Warungpojok.