Ular Piton Tiga Meter Gegerkan Warga Baros

0
929 views
TANGKAP PITON: Dua warga berusaha menangkap ular piton di depan halaman rumah Maman di Kampung Baros, RT 04 RW 01, Selasa (13/6). FOTO: DOKUMEN POLSEK BAROS FOR RADAR BANTEN

BAROS – Warga Kampung Baros, RT 04 RW 01, Desa Baros, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, digegerkan dengan kehadiran ular piton sepanjang tiga meter, Selasa (13/6). Reptil tersebut masuk ke permukiman warga. Beruntung tidak sampai mencelakakan warga. Ular piton ini sudah diamankan warga bersama anggota Polsek Baros.

Adalah Maman, warga Kampung Baros yang kali pertama melihat ular piton di halaman depan rumahnya. Maman menemukannya ketika hendak mengeluarkan sepeda motornya dari dalam rumah sekira pukul 05.00 WIB.

Tak mau ambil risiko, Maman meminta bantuan tetangganya dan menghubungi anggota Polsek Baros untuk mengamankan ular piton. “Takut juga lihat ular segede itu ada di depan rumah. Makanya, saya langsung minta bantuan warga sekitar yang berani nangkep, terus lapor ke Polsek,” kata Maman.

Penangkapan ular piton itu berlangsung sampai sekira 30 menit. Maman mengaku tidak bisa memastikan asal ular seberat sepuluh kilogram dan berdiameter lima sentimeter itu. “Kita belum tahu, ular datang dari mana. Yang jelas, saya makasih sama anggota Polsek yang langsung sigap membantu warga begitu ada laporan,” sanjungnya.

Kapolsek Baros Ajun Komisaris Polisi (AKP) Mulyanto membenarkan soal penemuan ular piton di permukiman Kampung Baros. Untuk sementara, ular diamankan di rumah Maman sambil menunggu tim relawan satwa datang untuk merawatnya.

“Begitu ada laporan, tiga anggota kami langsung terjun ke TKP melakukan penanganan. Warga sempat resah dan ketakutan,” terang Mulyanto.

Proses penangkapan ular, kata Kapolsek, dilakukan oleh anggotanya dibantu warga menggunakan taktik dan teknik khusus agar tidak menimbulkan bahaya. “Ular bisa ditangkap dalam jangka waktu 30 menit. Sekarang, situasi aman. Warga dapat beraktivitas lagi,” tegasnya. (Nizar S/RBG)