Umbar Aib Suami, Pisah Ranjang deh

Ada peribahasa ‘mulutmu harimaumu’. Jika tidak bisa menjaga ucapan, maka tanggung akibatnya. Seperti yang dialami Desi, (36), nama samaran. Rumah tangganya nyaris berantakan gara-gara kebablasan mengumbar aib suami, sebut saja Jono (37). Desi pun harus merasakan kemarahan suami hingga sempat mengalami pisah ranjang. Oalah.

Desi tak menyangka kalau hanya satu ucapannya yang kepeleset berakibat fatal. Seperti layaknya ibu-ibu kebanyakan, Desi tak bisa mengelak setiap diajak bergosip oleh tetangganya. Mulai dari obrolan soal sinetron, gosip di infotainment, gosip seputar lingkungan, sampai mengarah ke hubungan intim dengan suami masing-masing. Yaelah. Semua itu dialami Desi setiap ngumpul dengan tetangga.

Hingga suatu hari, Desi keceplosan mengumbar aib suami yang seharusnya bisa dijaga rapat-rapat sebagai seorang istri. “Saya enggak nyangka kalau Kang Jono bakal semarah itu pas masa lalunya yang kelam diungkit lagi,” sesal Desi yang ditemui Radar Banten di Kecamatan Gunungsari sembari menyantap mi instan di sebuah warung.

Gara-gara masalah itu pula, Desi nyaris cerai dengan suaminya. Beruntung, Desi masih dimaafkan suami asal tidak mengulangi perbuatannya setelah sempat pisah ranjang.

Diceritakan Desi kalau dia tahu masa kelam suami dari sebelum menikah. Jono terang-terangan menceritakan perjalanan hidupnya dari hal baik hingga hal yang terburuk kepada Desi dengan maksud agar Desi mau menerima kekurangannya.  Begitu pula sebaliknya. Desi pun jujur apa adanya soal kisah asmaranya, pekerjaan, hingga kebiasaan buruknya kepada Jono.

“Waktu itu Kang Jono bilang kalau dia pernah pakai narkoba selama setahun sebelum akhirnya tobat,” cerita Desi yang mengaku tidak mempermasalahkan pengalaman Jono  yang saat itu berprofesi sebagai tukang odong-odong.

Setelah menceritakan itu, Desi mendapat amanah dari Jono agar dapat menutupi aibnya itu agar tidak terdengar orang lain. Desi yang terlanjur sayang kepada Jono menyanggupi keinginanan calon suaminya itu. Sampai akhirnya mereka menikah. Desi pun berusaha menjadi istri yang baik di mata suami, pintar menjaga penampilan dan kepercayaan suami.

Sebelum mempunyai momongan, Desi masih mampu menjaga rahasia itu. Singkat cerita, setahun kemudian Desi dan Jono diberikan momongan yang membuat hubungannya semakin harmonis. Sampai suatu hari, Desi diajak ngerumpi oleh tetangganya. Karena terbawa suasana, Desi keceplosan mengungkap masa kelam suami.

“Saya ngaku salah karena terlalu comel (bawel-red),” sesalnya. Makanya, kebanyakan makan pedas tuh. 

Sejak itu, keesokan harinya, suami Desi jadi hot gosip di kalangan ibu-ibu. Sampai akhirnya terdengar juga ke telinga suami. Tentu saja Jono kaget saat ada salah satu tetangganya yang bertanya soal rasanya mengonsumsi narkoba. Jono mencoba mengelak pertanyaan itu, tetapi malah menjadi bahan sindiran dan ledekan tetangga. “Iya, ada tetangganya nanya ke dia ‘masa bekas pemakai sudah lupa rasanya narkoba’, waduh kata saya gawat,” kesalnya.

Tak ayal, Desi langsung dihampiri Jono yang baru pulang kerja dengan tatapan emosi. “Dia (Jono-red) ngamuk. Saya mencoba minta maaf dan bilang khilaf, tapi Kang Jono tetap marah,” aku Desi penuh penyesalan.

Keributan di antara keduanya tidak dapat dihindari. Sejak keributan itu, tiga hari Desi didiamkan oleh Jono. Merasa tidak tahan dan bersalah, Desi pulang ke rumah orangtuanya. Bukannya mencegah Desi pergi, Jono tidak bergeming seolah terkesan membiarkan. “Waktu itu saya mikir pasti bakal cerai sama Kang Jono,” ucapnya.

Beruntung bagi Desi, dua pekan kemudian ia disusul Jono di rumah orangtuanya dan dimaafkan. Desi pun diajak tinggal bersama Jono lagi. Kini, Jono dan Desi hidup bahagia dan sudah mempunyai tiga anak. “Pas kejadian itu saya enggak lagi-lagi deh ngomongin kejelekan suami, takut,” pungkasnya. Nah, begitu dong. (mg06/zai/ira).