UMKM Kota Serang Go Digital

SERANG – Bank bjb memberikan edukasi mengenai ekenomi digital kepada 200 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di  Kota Serang. Ini upaya Bank bjb mendorong UMKM go digital.

Edukasi dalam format seminar kewirausahaan bertema “Era Industri 4.0 dan Strategi Pemasaran bagi UMKM” berlangsung di Bank bjb Kantor Cabang Khusus (KCK) Banten, Kamis (12/12). Acara dihadiri CEO Regional IV Bank bjb Edy Kurniawan Saputra, Pemimpin Bank bjb KCK Banten Sakti Ramadhani, dan tamu undangan lainnya.

Pemimpin Divisi Kredit UMKM Bank bjb Denny Mulyadi menjelaskan, Bank bjb hadir sebagai mitra yang mampu berperan aktif untuk memajukan perekonomian dan pembangunan daerah, salah satunya pemberdayaan UMKM di Kota Serang. Bank bjb perlu mendorong baik dari sisi literasi maupun keuangan.

“Bank bjb memberikan wadah untuk saling berbagi sesama UMKM dan pemerintah mengenai tata cara mengelola keuangan, pengemasan, dan pemasaran melalui teknologi digital,” katanya.

Ia menambahkan, hasil pelatihan ini memberikan pengaruh positif bagi pelaku UMKM di Kota Serang sehingga ada pengusaha yang go digital.  Bank bjb menyadari pentingnya pemanfaatan teknologi digital untuk mengembangkan geliat usaha di tengah semakin ketatnya kompetisi yang terjadi. Inovasi dari segi produk maupun cara pemasaran menjadi kunci dalam segala lini usaha.

“Lewat seminar ini, Bank bjb berusaha untuk memberikan pengetahuan sebagai bekal kepada para pengusaha agar bisa menangkap peluang dan tantangan serta mentransmisikannya menjadi strategi usaha yang efisien dan menguntungkan,” katanya.

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin merasa senang dan memberikan apresiasi kepada Bank bjb yang menggelar seminar UMKM di Kota Serang. Apa yang dilakukan Bank bjb kali ini dapat memberikan banyak pencerahan kepada pelaku UMKM dalam menghadapi era digitalisasi. “Misalnya memasarkan menggunakan sosial media dan mengemas dengan tampilan yang menarik,” katanya.

Ia mengungkapkan, pelaku UMKM di Kota Serang harus banyak mengikuti pelatihan untuk cara mengemas dan memasarkan produk yang dihasilkan. “Hal ini terlihat dari keberadaan UMKM di Kota Serang yang masih belum setenar UMKM di kabupaten kota lainnya di Banten,” katanya.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank bjb M Asádi Budiman mengatakan, seminar tersebut dilaksanakan sebagai pembekalan pengetahuan, sekaligus gambaran praktik bagi para pelaku usaha mikro agar bisa memanfaatkan secara maksimal teknologi digital dalam menjalankan bisnisnya. “Para pelaku UMKM di Kota Serang nantinya bisa pengusaha go digital,” katanya.

Ia mengungkapkan, Bank bjb menyadari pentingnya pemanfaatan teknologi digital untuk mengembangkan geliat usaha di tengah semakin ketatnya kompetisi yang terjadi. Inovasi dari segi produk maupun cara pemasaran menjadi kunci dalam segala lini usaha.

“Pelaku UMKM bisa menangkap peluang dan tantangan serta mentransmisikannya menjadi strategi usaha yang efisien dan menguntungkan,” katanya.

Ia menambahkan, Bank bjb senantiasa berkomitmen untuk mendukung perkembangan UMKM di berbagai daerah. Keberadaan UMKM menjadi hal penting yang akan menentukan perkembangan usaha di suatu daerah. Perkembangan dunia usaha akan memberikan efek domino dengan menciptakan banyak ruang dan kesempatan. “Ini untuk menjadi pintu masuk bagi terciptanya kesejahteraan lewat terdongkraknya kemampuan ekonomi warga,” katanya. (skn/aas)