UMT Bangun Rumah Kreatif dan Budaya Terbesar di Tangerang

TANGERANG – Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) berencana membangun rumah kreatif dan pertunjukan budaya terbesar di Kota Tangerang. Hal itu dikatakan Rektor UMT Ahmad Amarullah belum lama ini. Menurutnya pembangunan rumah kreatif dan pertunjukan budaya bertujuan untuk meningkatkan pariwisata di Kota Tangerang. Termasuk bagian dari keperluan praktik lapangan bagi mahasiswa Fakultas Pariwisata UMT. 

Bahkan di rumah kreatif dan pertunjukan budaya tersebut, nantinya akan dibangun sebuah wahana pertunjukan kesenian tiga dimensi serta pengembangan wisata air kali Cisadane. Tak hanya itu, juga akan disediakan tempat untuk UMKM menjual produknya.  “Di Kota Tangerang kan belum ada pertunjukan film tiga dimensi, seperti di Ancol, lalu pertunjukan air, nah ini semua akan kami hadirkan disini,” ujarnya.

Selain dibuka untuk umum, rumah kreatif dan pertunjukan budaya ini juga diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Pariwisata UMT dalam meningkatkan keahlian mereka secara langsung atau praktik lapangan. “Kami harapkan mahasiswa dapat lebih mengetahui dunia pariwisata, karena mereka dapat mengelola kawasan wisata dengan ilmu yang dimiliki, ” tuturnya. 

Amarullah menambahkan, ide untuk membangun rumah kreatif dan pertunjukan budaya datang dari Walikota Tangerang Arief R Wismansyah. Saat itu dalam pertemuan perguruan tinggi se-Kota Tangerang, Arief melempar wacana pengembangan pariwisata di Kota Tangerang dan berharap perguruan tinggi mampu mewujudkannya. 

“Saat itu hanya kami yang perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Pariwisata, lalu Dekan kami bersedia mengembangkan pariwisata di Kota Tangerang, Saat ini progres dari pembangunan rumah kreatif dan pertunjukan budaya tengah menunggu izin dari Balai Besar Sumber Daya Alam (BBSDA). Pemkot Tangerang menunjuk lahan seluas 1,8 hektare di Tanah Gocap untuk dapat digunakan. Pembebasan dan izin lahannya dari BBSDA akan diurus oleh Pemkot Tangerang,  dan kalau sudah keluar izinnya baru diserahkan ke kita,” tandasnya. (adm)