Unggul di Penghijauan, Lingkungan Berbunga Dikejar

0
454 views

WALANTAKA – Saat penilaian tahap pertama, RT 011 Rw 03, Lingkungan Tegalkembang, Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka, mendapat tanggapan positif dari Tim 12 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Namun, warganya tidak berbesar hati. Mereka kembali membenahi lingkungannya. Saluran air pembuangannya diperbaiki.

Kemarin (26/5), RT 011 sudah terlihat hijau. Di bagian dalam permukiman, setiap rumah sudah memiliki beragam tanaman. Ada yang menanam tanaman obat keluarga (toga) dan bunga.

“Alhamdulillah, juri kayaknya senang dengan penghijauan yang kami lakukan,” kata Lurah Pipitan Tuti Sumiyati kepada Radar Banten, Selasa (26/5).

Dijelaskan Tuti, berdasarkan penilaian dari tim juri, RT 011 sudah memenuhi kategori lingkungan paling hijau. Partisipasi warganya pun diakui oleh juri. Sarana dan prasarana keamanan di pos ronda juga cukup lengkap.

Akan tetapi, tim juri memberikan catatan ketika berada di bagian depan perkampungan ini. Selokannya kotor. “Makanya, habis Lebaran, warga langsung gerak bersihin drainase,” jelas Tuti.

Pengurus dan warga RT 011, lanjut Tuti, juga sudah membentuk kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan. Dokumentasi gotong royong dan ronda malam pun tengah dikumpulkan. “Insya Allah, kami siap menuju penilaian tahap kedua (Agustus 2020-red),” ujarnya.

Salah satu pemuda RT 011, Ahmad Sobri, mengaku optimistis, RT-nya bisa meraih juara LRLA. Dasarnya, warga aktif swadaya dan gotong royong menata kampung.

Saat ini, menurut Sobri, warga RT 011 tengah berupaya menjadikan lingkungannya berbunga. Bermacam tanaman bunga akan ditambah. 

“Sudah hijau, berbunga, bersih, aman lagi. Pasti juara,” pungkas Sobri. (mg06/don)