Para pelajar dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Provinsi Banten unjuk keterampilan di bidang seni dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa (FLS2) tingkat Provinsi Banten yang berlangsung di Hotel Marbella Anyer, Kabupaten Serang. Para pelajar tersebut tidak hanya membawa nama baik sekolahnya dalam ajang tersebut, para pelajar pun membawa nama baik masing-masing kabupaten/kota.

Dalam kesempatan tersebut, Kabupaten Lebak dinobatkan sebagai juara umum setelah berhasil menyabet tiga emas, tiga perak dan dua perunggu. Menempel ketat di posisi kedua dengan poin terpaut tipis, para pelajar dari Kota Serang berhasil menyabet tiga emas, dua perak dan tiga perunggu.

Kepala Bidang Dikmenti Dindik Banten, Isnen menyatakan bahwa hendaknya keberhasilan Kabupaten Lebak tersebut dijadikan pemacu kabupaten/kota lainnya untuk bisa lebih berprestasi di tahun berikutnya. “Kita harus mempersiapkan duta-duta kesenian kita berdaya saing di tingkat nasional ataupun internasional,” ujarnya.

Lebih lanjut, Isnen menegaskan bahwa FLS2 tingkat nasional yang akan digelar di Manado nanti, kontingen Banten semestinya bisa memperbaiki peringkat. Karena itu perlu tekat dan kerja keras seluruh pihak untuk membuat nama Banten harum di tingkat nasional tersebut.

“Di ajang OSN, kita telah berhasil menempatkan Banten di urutan ketiga Nasional, maka saya percaya, di ajang FLS2N pun, kita bisa, karena itu kita mesti berupaya mendapatkan hasil yang kurang lebih sama dengan OSN,” ujarnya.

Dinas Pendidikan Provinsi BantenSementara itu, Kasi SMK Dindik Provinsi Banten, Didin Sihabudin mengatakan, selain sebagai ajang penyaringan bakal calon delegasi Banten dalam ajang FLS2 Nasional, ajang ini pun merupakan wadah bagi para pelajar untuk mengeksplor kemampuan seninya, dan sekaligus wadah untuk mengekspresikan jiwa seninya.

Didin pun berharap sama dengan Isnen, agar para pelajar yang menang dalam FLS tahun ini kemudian mewakili Banten bisa memberikan kebanggaan bagi Banten dengan cara berhasil meraih prestasi dalam ajang tingkat nasional tersebut.

“Harapan diadakannya Kegiatan Festival Lomba Seni Siswa (FLS2) SMK Tingkat Provinsi Banten Tahun 2016 adalah agar siswa-siswi yang berprestasi labih giat lagi berlatih dan menghadap ke Tingkat Nasional,” ujarnya.

Dinas Pendidikan Provinsi BantenAdapun mata lomba Festival Lomba Seni Siswa (FLS2) SMK Tingkat Provinsi Banten Tahun 2016 adalah Baca Puisi, Vocal Group dan Solo, Tari Tradisional dan Karawitan, Film Pendek dan Gitar Solo, Theatre, Tulis dan Baca Puisi.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Engkos Kosasih Samanhudi mengaku sangat bangga terhadap performa yang ditampilkan oleh para pelajar dalam ajang tersebut. Menurut Engkos, dengan bimbingan yang lebih intens maka sangat mungkin para pelajar bisa meraih prestasi di tingkat nasional nanti.

Terkait FLS2 tingkat nasional nanti, menurut Engkos setidaknya para pelajar atau kontingen Banten nanti bisa berprestasi sama dengan ajang OSN. Menurutnya, dengan capai target tersebut pun sudah cukup baik untuk para kontingen nanti.

“Di OSN, kita sanggup meraih peringkat tiga nasional, maka kita targetkan juga hal serupa diajang FLS2N ini, saya yakin dengan kerja keras dan sungguh-sungguh, itu bisa tercapai,” paparnya.

Karena target tersebut, Engkos pun meminta kepada seluruh jajaran tim, agar mempersiapkan kontingen FLS2 tingkat nasional nanti lebih matang secara teknis agar memiliki daya saing. Dan datang ke dalam ajang tersebut dengan kekuatan yang penuh. (ADVERTORIAL/Dinas Pendidikan Provinsi Banten)