Untirta Gandeng Kominfo, Selenggarakan Training Digital Gratis

0
347 views

SERANG – Mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggandeng Kominfo menyelenggarakan Frash Graduate Academy (FGA), yakni program pelatihan peningkatan kompetensi bidang tekhnologi informasi dan komunikasi (TIK).

Pelatihan yang bersifat gratis ini terbuka untuk lulusan D3, D4, S1 bidang TIK, MIPA, dan teknik lainnya ini, fokus pada empat pelatihan yakni, CCNA Network Engineer, CCNA Cyberoperation Specialist, Core System Administration, dan Java Programming.

Penyelenggaran pelatihan tersebut bermitra dengan lima global tech companies yakni Amazon Web Service (AWS) Educate, Cisco Networking Academy, IBM Indonesia, Oracle Academy, dan Red Hat Academy. Penyelenggaraan program FGA pada tahun 2020 ini akan berlangsung selama 210 jam pelatihan (JP) secara daring (online).

“Calon peserta dapat memilih satu dari empat tema yang tersedia di Untirta,” kata Supriyanto, Wakil Dekan I Fakultas Tekhnik Untirta Banten.

Selama pelatihan, lanjut Supriyanto, peserta akan mendapatkan teori dan praktik dalam bidang tema yang dipilih. Diakhir pelatihan, peserta akan diberikan pembekalan pasca pelatihan berupa pengembangan soft-skill selama 12 JP. “Diakhir pelatihan peserta yang memenuhi ketentuan akan mendapatkan kesempatan mengikuti program sertifikasi industri sesuai dengan tema pelatihan yang diambil.” jelasnya.

Pendaftaran pelatihan ini, imbuh Supriyanto, telah dibuka sejak 14 Agustus 2020 dan akan ditutup pada tanggal 3 September 2020. “Informasi pendaftaran secara lengkap dapat dilihat melalui web https://digitalent.kominfo.go.id/,” terangnya.

Untuk pelaksanaan pelatihan, jelas Supriyanto, bakal digelar pada 15 September hingga 15 Oktober 2020. “Kita berharap penyelenggaraan program FGA ini dapat meningkatkan keterampilan SDM menuju karakter yang unggul, serta memberikan kemampuan siap pakai bagi lulusan S1, D3, D4 sehingga bisa memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi,” tutup Supriyanto. (*)