Upaya Pengentasan Kemiskinan, Dompet Dhuafa Gelar Program Kampoeng Ternak

Dompet Dhuafa

SERANG – Dalam upaya pengentasan kemiskinan, untuk pertama kalinya Dompet Dhuafa Banten menyelenggarakan program Kampoeng Ternak di Cipocok Jaya, Kota Serang, Kamis (11/8).

Pimpinan Kepala Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurrahman Usman mengatakan, program Kampoeng Ternak tersebut sangat bermanfaat untuk masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan. “Ini kan agar masyarakat punya aset, lama kelamaan mereka punya modal dan dapat hidup lebih baik yang kita sebut dengan program pemberdayaan,” katanya.

Sampai saat ini di Indonesia, program Kampoeng Ternak sudah dilakukan di 14 provinsi, awalnya Kampoeng Ternak ini diperuntukan sebagai tebar hewan kurban.

“Selama ini program tebar hewan membeli hewan kurban dari para pedagang, dan pedagang juga belinya dari peternak. Nah dengan adanya Kampoeng Ternak maka peternak-peternak akan dapat menjual langsung hewan kurbannya,” ujarnya.

Untuk jenis hewan di Kampoeng Ternak, terdapat berbagai jenis di antaranya sapi, kambing dan domba, namun untuk di Pulau Jawa mayoritas yang paling banyak adalah kambing atau domba.

Lanjutnya, untuk di Banten sendiri Dompet Dhuafa telah menyebar sebanyak 30 ekor ternak. Selain pemberian ternak, Dompet Dhuafa juga memfasilitasi kepengurusan hewan ternak yang dilakukan oleh pendamping sebanyak lima orang.

Dengan diadakannya Kampoeng Ternak ini diharapkan dapat membantu para peternak lokal agar memiliki keahlian dan menjadikan perekonomiannya lebih baik. (Wirda)