Komisioner KPU Banten Syaiful Bahri (kanan).

SERANG – Pasangan bakal calon gubernur dan Wakil gubernur Banten jalur perseorangan, TB Sangadiah – Subari Martadinata, meminta perpanjangan waktu penyerahan data dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten.

Dari data sistem online KPU Provinsi Banten, hingga pukul 13:48 WIB, pasangan Sangadiah – Subari bari berhasil mengunggah data dukungan sebanyak 189.955, sedangkan batas minimal 601.805.

“Kita meminta kebijakan kepada KPU, karena sekarang Kan server pusat penuh. Jadi proses uploadnya lambat,” ujar Subari setelah melakukan pertemuan dengan komisioner KPU dan Bawaslu Provinsi Banten di aula KPU Provinsi Banten, Minggu (7/8).

Menurut Subari, untuk bukti dukungan fisik, dukungan yang diperolehnya sudah melebih batas minimal yaitu 650 ribu dukungan lebih. “Sekarang operator kami sedang terus mengupload, namun karena jaringannya lambat, prosesnya juga lama,” papar Subari.

Komisioner KPU Provinsi Banten Syaiful Bahri mengatakan, KPU tetap mengacu pada aturan yang berlaku. Dengan alasan apapun, pasangan tetap harus mengunggah bukti dukungan paling telat pukul empat sore ini.

“Kita harus bersikap adil, semua calon juga sama, jadi harus sesuai aturan yang sudah ada,” papar Syaiful.

Dari data yang dihimpun Radar Banten Online, dari tiga pasangan calon indipenden yang telah mendaftar, hanya Sangadiah – Subari yang belum mencapai batas minimal. Pasangan Yayan Sofyan dan Ratu Enong telah mengunggah bukti dukungan sebanyak 617.584, sedangkan pasangan Achmad Dimyati Natakusumah dan Yemmelia telah mengunggah 691.793. (Bayu)