Usaha Telor Asin Didukung Pemdes Tegal Kunir Lor

TANGERANG – Tingkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Tegal Kunir Lor, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang mendukung berbagai usaha yang ada. Salah satunya adalah usaha telor asin.

Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) Tegal Kunir Lor Nina Herlina mengatakan, mata pencarian penduduk di desanya beragam mulai dari petani, pedagang, wiraswasta, pegawai swasta, dan pegawai negeri sipil. Dan profesi buruh tani masih mendominasi sebagai mata pencarian warga. Namun, sekarang banyak penduduk yang berdagang dan wiraswasta. “Salah satu usaha yang berkembang pesat saat ini adalah pembuatan telur asin. Dan berkembangnya usaha tersebut membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk sekitar. Salah satu pengusaha telor asin adalah Ustad Sa’ari yang sudah memiliki 20 pekerja, sekaligus menjadi agen telur ayam di desa,” katanya saat ditemui di kantor desa belum lama ini.

Nina menjelaskan, usaha tersebut sudah berjalan sekira enam tahun dibangun dari nol. Dan kini, produksinya sudah ribuan telur. “Saya berharap, bisa terus berkembang. Kami Pemdes tentu sangat mendukung, ke depan mungkin bisa dimasukan sebagai salah satu unit usaha di Bumdes,” jelasnya.

Sementara itu, Ustad Sa’ari pemilik usaha telur asin di Kampung Lor RT 18 RW 03 Desa Tegal Kunir Lor mengatakan, kemampuan membuat telor asin itu didapat secara otodidak. Kini, satu pekan dirinya berbelanja sekira 80 ribu butir telur. “Tidak semua telur bebek saya jadikan telur asin. Kalau bikin telur asin sesuai pesanan saja, telur-telur yang ada dijual lagi ke toko atau warung-warung di sekitar desa,” tutupnya. (pem/rb/adm)