Usai Bentuk AKD, Dewan Cilegon Segera Evaluasi OPD

0
240 views

CILEGON – Pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) telah selesai dilakukan oleh DPRD Kota Cilegon. Kemarin, Selasa (8/10), unsur pimpinan AKD telah disahkan melalui rapat paripurna. Dengan sudah lengkapnya struktur AKD, diharapkan sebanyak 40 pimpinan dan anggota DPRD Kota Cilegon dapat bekerja optimal sesuai dengan kewenangan dan tugas masing-masing.

Ketua DPRD Kota Cilegon Endang Efendi menuturkan, di sisa tahun anggaran 2019, pihaknya akan melanjutkan program yang telah dilakukan oleh anggota DPRD Kota Cilegon periode sebelumnya. Salah satu yang akan segera dilakukan oleh anggota DPRD Kota Cilegon adalah melakukan evaluasi bersama organisasi perangkat daerah (OPD) di masing-masing AKD.

“Sekarang dari komisi dan alat kelengkapan menyelesaikan sisa-sisa tugas DPRD periode yang lama,” ujar Endang kepada wartawan usai paripurna.

Kata Endang, karena tahun anggaran masih menyisakan beberapa bulan maka anggota DPRD Kota Cilegon yang baru mempunyai tugas baik secara konstitusi maupun moral untuk melanjutkan sejumlah program yang telah dijalankan oleh anggota DPRD Kota Cilegon periode sebelumnya.

Selain mengevaluasi kinerja masing-masing OPD, hal lain yang harus dilanjutkan adalah merumuskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020. “Kita hari ini mengejar untuk tahun 2020, November harus sudah selesai,” tutur Endang.

Terpisah, Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati menuturkan, dengan telah terbentuknya seluruh AKD, DPRD Kota Cilegon sudah bisa melakukan percepatan-percepatan yang seharusnya sudah bisa dilakukan, salah satunya terkait penetapan RAPBD 2020.

Menurut Ati, dengan AKD terbentuk, kewenangan legislatif pun semakin terarah sesuai dengan ketetapan-ketetapan yang sah. “Berarti rekan-rekan bisa melaksanakan tugas yang sudah menjadi kewenangannya di komisi,” ujarnya.

Ati pun berharap DPRD Kota Cilegon bisa langsung bersinergi dengan Pemkot Cilegon dalam mendorong realisasi program yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Menurutnya, banyak program pemerintah yang membutuhkan dorongan dari DPRD Kota Cilegon. “Mereka orang-orang terpilih sehingga tahu apa yang harus mereka lakukan,” ujar Ati.

Ati berharap DPRD Kota Cilegon bisa bersama-sama dengan Pemkot Cilegon untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang telah dicanangkan. (bam/ibm/ags)