Usai Dilantik, Kapolda Tinjau Korban Banjir

Kapolri Jenderal Polisi Idam Azis saat upacara pelantikan Kapolda Banten di Gedung Bareskrim Polri, Selasa (7/1)

SERANG – Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Agung Sabar Santoso resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten menggantikan Irjen Tomsi Tohir yang berpindah tugas sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Pelantikan dan prosesi serah terima jabatan dipimpin Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (7/1).

“Pagi ini sekira pukul delapan telah dilakukan pelantikan terhadap Kapolda Banten yang baru di Gedung  Bareskrim Polri, Jakarta,” ujar Kabid Humas Polda Banten Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Edy Sumardi Priadinata saat dikonfirmasi Radar Banten melalui sambungan telepon.

Usai dilantik, Agung langsung meninjau lokasi banjir bandang di Kabupaten Lebak. Mantan Asrena Kapolri itu juga turut mendampingi kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Lebak. “Tadi usai dilantik beliau langsung ke Lebak mendampingi Presiden Jokowi untuk meninjau posko pengungsi korban banjir bandang dan longsor di Banjar Irigasi dan Pondok Pesantren La Tansa daerah Lebakgedong,” kata pria asal Riau ini.

Hari ini (8/1), proses penyambutan Agung dan penglepasan Tomsi akan dilaksanakan di Mapolda Banten. Kegiatan lain yakni pisah sambut akan diselenggarakan di salah satu hotel di Kota Serang.

PRESTASI

Tomsi merupakan salah satu perwira tinggi yang dimutasi Kapolri sebagai Kapolda NTB. Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/3331/XI/KEP/2019 yang dikeluarkan pada Sabtu (20/12). Tomsi diangkat sebagai Kapolda Banten pada November 2018. Ia menggantikan Irjen Pol Teddy Minahasa yang dimutasikan sebagai Wakapolda Lampung.

Dikemimpinannya, Polda dan jajarannya berhasil mencapai kinerja yang baik. Selama 2019, semua kasus pembunuhan berhasil diungkap. Begitu juga dengan penanganan perkara lain seperti kasus mafia tanah.

Bahkan, Satgas Antimafia Tanah Polda Banten diganjar penghargaan dari Menteri Agraria Tata Ruang BPN RI Sofyan Djalil karena berhasil mengungkap kasus mafia tanah. Selain itu, Bidang Humas Polda Banten juga mendapat penghargaan Kapolri yang saat itu dijabat oleh Jenderal Polisi Tito Karnavian. Bidang Humas Polda Banten meraih penghargaan terbaik sebagai Humas Polda tipe A dalam amplifikasi berita Polri dan edukasi aktif masyarakat dalam manajemen media.

Selain penghargaan tersebut Polda Banten berhasil menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Pengamanan mudik, pemilu serentak 2019, pilkades serentak, dan yang lainnya berjalan kondusif. “Semuanya berkat sinergi semua pihak kita dapat menjaga kamtibmas,” kata Edy.

Bidang Reserse

Sementara itu Irjen Pol Agung Sabar Santoso merupakan wajah baru di Banten. Alumnus Akpol 1984 belum pernah ditugaskan di Provinsi Banten. Pria kelahiran Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan itu merupakan anggota Polri yang berpengalaman di bidang reserse. “Beliau berpengalaman di bidang reserse,” ujar Edy.

Pria kelahiran 12 Juni 1962 itu pernah menjabat sebagai Wakapolda Lampung pada 2009, kemudian Direktur Tipidum Bareskrim Polri 2010, Direktur Kerja Sama BNN 2014, Kapolda Sulawesi Tenggara 2015, dan Asrena Kapolri 2019. “Beliau (Irjen Pol Agung Sabar Santoso-red) saat ini menjabat Asrena Kapolri,” ujar Edy.

Mutasi tersebut, kata Edy, merupakan hal yang biasa di tubuh Polri. Mutasi bertujuan untuk pembinaan karir, penyegaran organisasi dan pergantian terhadap anggota Polri yang memasuki masa pensiun. “Mutasinya itu sifatnya biasa, dalam rangka pembinaan karir, penyegaran organisasi, promosi terhadap anggota Polri,” tutur Edy. (mg05/air/ags)