Usia 40 Awal Orang Dewasa Kehilangan Massa Otot

0
1.879 views
Challenge #Stand4Strength Pandji Pragiwaksono (selebriti), President Directors of Abbotts Product Indonesia Arnaud Renard, dan Abbott Area Medical Director Dr Jose Rodolfo Dimaano Jr

JAKARTA – Usia 40 merupakan awal orang dewasa akan kehilangan massa otot sebanyak 8 persen setiap dekadenya dan berisiko lebih besar mengalami keterbatasan dalam menjalankan aktivitas sehari-sehari, seperti berjalan, naik tangga atau mengangkat benda di tahun-tahun berikutnya.

Indonesia, menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah orang dewasa terbanyak. Tahun 2020 jumlah orang dewasa (usia di atas 60 tahun) di Indonesia diprediksi mencapai 27 juta orang.

Seiring bertambahnya usia, massa otot akan menurun secara bertahap. Dampak yang paling jelas adalah menurunnya kualitas hidup pada lansia. Hal ini disebabkan menurunnya massa otot yang secara perlahan membuat lansia mengalami imobilitas karena kekuatan ototnya melemah

“Otot kita berperan penting untuk gerak tubuh. Meskipun begitu, banyak dari kita tidak sadar bahwa menginjak usia 40, kita kehilangan 8 persen masa otot pada tiap dekadenya, lalu setelah usia 70, hal tersebut meningkat hampir dua kali lipat,“ uar Heriawan Soejono, dokter spesialis penyakit dalam – konsultan geriatri, dikutip dari siaran pers, Senin (16/3).

Karena itu, kata Heriawan, semua orang harus bertanggung jawab pada kesehatannya sendiri. Dimulai dari makanan yang dikonsumsi dan berusaha untuk tetap aktif.

Untuk meningkatkan kesadaran tentang kehilangan kekuatan atau kelemahan yang diakibatkan dari kehilangan massa otot pada orang dewasa, Abbott, produsen Ensure meluncurkan tantangan #Stand4Strength.

“Tantangan Stand4Strength dapat membantu menciptakan kesadaran tentang bagaimana kehilangan massa otot dapat terjadi pada usia 40 tahun dan mempengaruhi kekuatan Anda seiring bertambahnya usia,” kata Arnaud Renard, President Directors of Abbotts Product Indonesia.

“Sementara tantangan ini fokus terhadap masalah tersebut, kami ingin orang Indonesia memiliki pemahaman tentang masa tua yang sehat dan aktif karena kehilangan otot dapat dicegah dan dapat diperlambat dengan manajemen nutrisi yang tepat,” lanjut Arnaud Renard.

Itulah sebabnya, kata Arnaud Renard, Abbott fokus terhadap pionir penelitian ilmiah untuk menghadirkan bahan-bahan baru yang dapat mendukung kesehatan otot. Ensure adalah merek yang memberikan fokus secara khusus pada kebutuhan orang dewasa Indonesia dan orang tua mereka. Memberi mereka hadiah kekuatan untuk hidup lebih baik dan lebih sehat seiring bertambahnya usia.

Direktur Medis Abbott Nutrition Jose Rodolfo Dimaano Jr menambahkan, memelihara otot sangat penting seiring bertambahnya usia dengan mengonsumsi jumlah nutrisi yang tepat.

Sebagai pemimpin layanan kesehatan global, Abbott telah lama fokus pada solusi nutrisi berbasis sains yang dapat membantu mengatasi kehilangan massa dan kekuatan otot yang berkaitan dengan usia. “Suplemen kami meliputi bahan-bahan seperti Triple Protein, kombinasi unik dari whey, kasein dan kedelai yang telah terbukti membantu mendukung otot yang sehat,” katanya. (aas)