Ustad Adi Hidayat berceramah pada tablig akbar di Masjid Raya Al-Bantani, Selasa (12/2).

SERANG – Pemprov Banten mengundang Ustad Adi Hidayat untuk berceramah pada tablig akbar di Masjid Raya Al-Bantani, Selasa (12/2).

Pj Sekda Banten Ino S Rawita, kegiatan pembinaan rohani ini tidak hanya untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai, juga untuk mengingatkan masyarakat Banten agar saling mengingatkan.

“Kami berharap, tausiyah yang disampaikan para penceramah, bisa mengetuk hati para pegawai Pemprov untuk bekerja lebih giat lagi. Mulai tahun ini, pemprov akan menggelar kegiatan tablig akbar secara rutin setiap bulan. Alhamdulillah untuk saat ini, Ustad Adi Hidayat yang akan menyampaikan tausiyah,” kata Ino.

Selain Ustad Adi Hidayat, lanjut Ino, ke depan Pemprov akan menghadirkan dai kondang lainnya untuk mengisi tablig akbar. “Insya Allah kita undang banyak penceramah. Tapi yang menjadi pembina kerohanian pegawai pemprov adalah Ustad Adi Hidayat,” ungkapnya.

Saat ceramah, Ustad Adi Hidayat mengingatkan dua hal kepada ASN dan masyarakat Banten. “Tugas manusia itu ada dua. Pertama untuk menjadi khalifah di muka bumi dan kedua untuk beribadah kepada Allah SWT,” kata Ustad Adi Hidayat saat mengawali tausiyah dengan tema ‘Bekerja untuk Ibadah” yang dihadiri ribuan pegawai Pemprov dan masyarakat Banten.

Terkait tugas pertama, Adi mengingatkan masyarakat Banten untuk berhati-hati memaknai khalifah. “Awas hati-hati, jangan salah memahami khalifah dengan khilafah. Kita semua ditugaskan untuk berbuat kebaikan. Sebagai khalifah harus memberikan teladan, karena setiap kita sesungguhnya adalah pemimpin. Minimal pemimpin untuk diri kita sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar. Kita semua akan dimintai pertanggungjawabannya,” tuturnya.

Tugas berikutnya, lanjut Adi, menjadi hamba Allah yang beriman dan bertakwa. Jangan sampai melalaikan ibadah yang wajib akibat sibuk mengurus pekerjaan. “Para Nabi dan rasul saja harus melaksanakan ibadah. Kenapa kita yang bukan siapa-siapa malah lupa diri dan sombong melalaikan kewajiban beribadah,” tegasnya.

Di akhir tausiyahnya, Ustad Adi Hidayat mengapresiasi program tablig akbar yang digagas rutin oleh pemprov. “Saya sudah keliling Indonesia, alhamdulillah, bahkan sampai ke luar negeri. Tapi baru di Provinsi Banten menemukan pemerintah daerah yang memiliki program tablig akbar setiap bulan,” ungkapnya. (Deni S/Aas)

BACA selengkapnya di koran Radar Banten atau versi digital di epaper.radarbanten.co.id. Saksikan juga di Banten Raya TV pada program SELAMAT PAGI BANTEN (07.00 WIB), BANTEN SIANG (13.00 WIB), BANTEN PETANG (17.00 WIB) dan BANTEN MALAM (21.00 WIB) di channel 50 UHF/702 MHz, atau melalui streaming www.barayatv.com/live.