Usulan Fraksi DPRD Kabupaten Serang Lamban, Demokrat Dicecar

0
423 views

SERANG – Pembentukan fraksi DPRD Kabupaten Serang tak kunjung selesai. Penyebabnya, Partai Demokrat sampai saat ini belum mengusulkan susunan fraksi dari sembilan fraksi yang akan dibentuk. Situasi itu membuat sejumlah dewan geram dan mendesak fraksi segera dibentuk.

Sekadar diketahui, fraksi DPRD Kabupaten Serang akan dibagi sembilan fraksi. Yakni, Fraksi Golkar meliputi anggota DPRD dari Partai Golkar, Partai Nasdem dan Partai Hanura. Kemudian Fraksi Gerindra, Fraksi PKS, Fraksi Demokrat, Fraksi PDIP, Fraksi Berkarya, Fraksi PAN, Fraksi PKB, dan Fraksi PPP-PBB. Delapan fraksi sudah menyampaikan rekomendasi kepada pimpinan DPRD, tinggal Fraksi Demokrat masih proses di internal partai.

Anggota DPRD dari Fraksi PAN Cholis Rowiyan mengatakan, pembentukan fraksi seharusnya diselesaikan secepat mungkin karena sudah terlalu lama, pelantikan anggota DPRD sudah lewat dua pekan. “Kalau di kabupaten kota lain sudah dibentuk fraksinya, di sini (DPRD Kabupaten Serang-red) informasinya tinggal Demokrat yang belum,” tukasnya saat ditemui Radar Banten di ruang Komisi II DPRD Kabupaten Serang, Jumat (13/9).

Cholis menilai, lambannya pembentukan fraksi menghambat kinerja anggota DPRD. Karena fraksi sebagai awal pembentukan struktur DPRD, termasuk alat kelengkapan dewan (AKD). “Dampaknya kita telat bekerja. Kalau dulu (2014-red), begitu dilantik kita langsung bentuk fraksi, enggak lama-lama seperti ini,” kesalnya.

Cholis pun mendesak, pimpinan DPRD langsung menetapkan fraksi tanpa Demokrat jika dalam waktu yang ditentukan partai berlambang merci itu tak kunjung menyerahkan usulan pembentukan fraksi. “Tinggal keberanian pimpinan, mau ditinggal saja atau menunggu. Kan bisa ditinggalin juga, terus nanti pembentukan fraksi Demokrat menyusul. Kalau seperti ini terus, sampai Oktober juga kita enggak kerja-kerja,” keluhnya.

Hal senada disampaikan anggota DPRD lainnya Dendi Kurnia Ardiansyah. Ia menilai, lambannya usulan pembentukan fraksi Demokrat berdampak kinerja dewan terhambat. “Yang lainnya sudah, tinggal Demokrat saja yang belum, kami harap ini dapat disegerakan,” desaknya.

Terkait itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Demokrat Provinsi Banten Azwar Anas mengaku, pihaknya masih memproses rekomendasi untuk pembentukan Fraksi Demokrat di DPRD Kabupaten Serang. “Ini sekarang (kemarin-red) sedang saya urus. Insya Allah Senin selesai,” kelitnya. (jek/zai)