Venue Pertandingan Popda Banten Sudah Oke

Perwakilan beberapa cabor yang akan dipertandingkan pada Popda IX Banten 2018 berfoto bersama di sela meninjau venue yang akan digunakan di Popda IX Banten 2018 di Kabupaten Tangerang, Kamis (8/3) siang.

SERANG – Kesiapan Kabupaten Tangerang selaku tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) IX Banten 2018 dinilai positif oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Banten. Bahkan Dispora dan perwakilan cabor memberi nilai 90 buat kesiapan yang dilakukan Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang (Kabid) Prestasi Olahraga Pelajar Dispora Banten Djajuli Khasan mengatakan, kualitas venue yang disiapkan pihak tuan rumah sudah sangat memuaskan dan memiliki standardisasi nasional. “Tapi, ada beberapa venue yang harus diperbaiki dan dilengkapi, seperti venue lapangan sepak bola di Detasemen Arhanud Rudal 003, Cikupa. Itu kan belum ada ruang ganti dan toilet. Kalau kualitas lapangannya sudah bagus untuk level tingkat pelajar,” kata Djajuli saat ditemui di ruang kerjanya di kantor Dispora Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Jumat (9/3) siang.

Djajuli menambahkan, untuk kualitas venue cabor lain sudah sangat memuaskan. Hal itu lantaran Kabupaten Tangerang juga sedang berbenah menyambut Porprov V Banten 2018, November nanti.
“Sebenarnya Kabupaten Tangerang memiliki sport center, tapi belum boleh digunakan karena khusus diperuntukkan untuk Porprov V nanti. Tapi, ada beberapa venue di sport center bisa digunakan, salah satunya lintasan atletik. Secara keseluruhan sudah sangat memadai dan memuaskan, hanya ada beberapa yang harus dilengkapi saja. Intinya, tuan rumah sudah siap,” imbuhnya.

Kepala Disporabudpar Kabupaten Tangerang  Achmad Taufik menyatakan atensi dari Dispora Banten akan menjadi perhatian pihaknya agar pelaksanaan Popda IX Banten 2018 tanpa cela. “Kami beryukur Dispora Banten dan perwakilan cabor datang melakukan peninjauan venue sehingga kami bisa tahu kekurangannya ada di mana saja dan bisa segera memperbaiki atau melengkapinya. Secepatnya akan kami benahi,” kata dia.

Tidak hanya menyiapkan venue, pihaknya juga telah menyiapkan fasilitas penunjang lainnya seperti penginapan dan rumah sakit rujukan. “Kami juga menyiapkan tenaga LO (liaison officer-red) buat masing-masing kontingen untuk memudahkan komunikasi antara peserta dan panitia. Kami ingin semua peserta merasa nyaman saat mengikuti popda di Kabupaten Tangerang,” terangnya. (Andre AP/RBG)