Verifikasi Administratif Dukungan Bacalon Walikota Cilegon Rampung


CILEGON – Proses verifikasi administrasi syarat dukungan terhadap bakal calon (bacalon) walikota dan wakil walikota Cilegon dari jalur perseorangan atau independen telah rampung, Senin (22/6). 

Dari proses administrasi tahap awal ini, diketahui jika syarat dukungan yang diserahkan belum seluruhnya memenuhi syarat. 

Seperti bakal pasangan calon Ali Mujahidin dan Firman Mutakin (Lian Firman). Keduanya mengantongi 58.398 jumlah dukungan. Namun hanya 55.573 yang memenuhi syarat. Sebanyak 2825 tidak memenuhi syarat.

Kemudian, bakal pasangan calon Lukman Harun dan Nasir mempunyai 29.200 jumlah dukungan. Sebanyak 24967 memenuhi syarat, dan 4233 tidak memenuhi syarat.

Begitu juga dengan bakal pasangan calon Malim Hander Joni dan Hawasi Syabrawi yang hanya mengantongi jumlah dukungan 25.001. Sebanyak 24.925 yang memenuhi syarat, dan 76 tidak memenuhi syarat.

“Data yang memenuhi syarat akan kita verifikasi kembali selama 14 hari. Untuk mencocokkan datanya dengan orang yang bersangkutan. Kita siapkan 259 petugas peneliti,” kata Komisioner KPU Kota Cilegon, Eli Jumaeli.

Terpisah, bakal calon wakil walikota Cilegon dari jalur independen, Firman Mutakin mengaku tidak banyak melakukan persiapan untuk maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Cilegon 2020 ini. “Persiapan biasa saja. Tapi akan berikan yang terbaik,” katanya. (Riko)