Ilustrasi

JAKARTA- Selasa (16/8) malam Gedung Perintis Kemerdekaan menjadi saksi pengumandangan lagu Indonesia Raya dalam format video. Tayangan berdurasi dua menit ini diputar mengawali pemutaran fim “Ketika Bung di Ende”.

Video yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini rencananya akan ditayangkan di seluruh jaringan televisi daerah dan seluruh jaringan bioskop Indonesia sebelum pemutaran film utama. Penayangan secara serentak akan dilakukan mulai Rabu (17/8) bertepatan dengan peringatan HUT Ke-71 RI.

Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud Maman Wijaya mengatakan, tayangan ini merupakan ajakan bagi seluruh warga Indonesia untuk berdiri setiap kali mendengar lagu Indonesia Raya dikumandangkan.

“Diharapkan, mulai saat ini, sikap berdiri sempurna saat mendengar lagu Indonesia Raya akan menjadi budaya yang mengakar sampai anak cucu kita,” katanya pada pemutaran fim di Gedung Perintis Kemerdekaan, Jakarta, Selasa (16/8), seperti dilansir JPNN.

Maman menambahkan, ajakan untuk berdiri ketika mendengar lagu kebangsaan ini merupakan upaya untuk menumbuhkan karakter cinta Tanah Air, bangga terhadap bangsa Indonesia, dan menghormati pemimpin, yang dilakukan dengan pembiasaan. “Video lagu Indonesia Raya ini dibuat untuk mengenang kembali para pejuang kemerdekaan, yang hasilnya kita nikmati bersama saat ini,” katanya.

Hadir pada acara pemutaran film, artis Paramitha Rusady, salah satu artis pemeran film “Ketika Bung di Ende”. Film ini mengisahkan pengasingan Soekarno di Ende. (esy/JPNN)