Para pemain film 'Wiro Sableng' saat berkunjung ke kantor Jawa Pos, Jakarta, Selasa (14/8). Foto: JawaPos.com

JAKARTA – Akan segera menyapa pencinta film tanah air, Wiro Sableng menjanjikan sebuah cerita yang lebih fresh dan kekinian dibandingkan film yang terdahulu ataupun sinetronnya. Tetapi, ceritanya tetap mengambil benang merah dari novelnya. Artinya, semua karakter dalam film Wiro Sableng didasarkan pada novelnya.

“Di 2018 ini, 20th Century Fox sama Lifelike Pictures mau membuat film Wiro Sableng dengan jalan cerita yang baru. Maksudnya biar ada surprise di film ini. Buat pembaca bukunya yang dulu, penonton filmnya, penonton sinetronnya akan mendapatkan twist-twist baru. Dan juga buat calon penonton Wiro Sableng yang belum pernah nonton bisa mengikuti lagi Wiro Sableng ini dari awal,” kata pemeran Wiro Sableng, Vino G Bastian saat bertandang ke kantor Jawa Pos, Jakarta, Selasa (14/8).

Lalu bagaimana dengan karakter Wiro Sableng yang baru? Vino memberikan sedikit bocoran pada JawaPos.com. Menurut Vino, karakter pendekar 212 dalam film terbaru tidak dibuat seperti badut atau orang gila yang selalu tertawa tidak jelas.

WIRO SABLENG TRAILER – 30 AGUSTUS 2018 DI BIOSKOP [HD] OFFICIAL (YouTube/Lifelike Pictures)

Sebaliknya, Vino mengungkapkan bahwa karakter Wiro Sableng dikembalikan pada bukunya, yakni pendekar yang lucu dan santai dalam menghadapi semua lawan yang bahkan lebih hebat darinya.

“Buat saya pribadi, perbedaan Wiro Sableng di film tidak slapstickseperti di sinetron. Terus sablengnya dia bukan seperti badut yang selalu cengengesan terus. Wiro Sableng tidak melucu tapi memang karakternya unik, karakternya memang lucu, santai. Tidak peduli dengan lawan sehebat apa pun, dia tetap santai, tetap sableng,” ungkap Vino, sebagaimana dilansir JawaPos.com.

Selain itu, Vino juga menegaskan bahwa Wiro juga digambarkan sebagai pendekar yang cerdas dan cerdik. Sedangkan, beberapa jurusnya memang dibuat lucu tetapi bukan berarti Wiro Sableng seperti orang gila.

“Tidak selalu menjadi seperti orang gila yang tidak punya pikiran. Wiro Sableng tetap cerdas, cerdik, dan yang pasti tidak selalu seperti monyet yang ke mana-mana garuk-garuk. Itu (garuk-garuk) bagian dari jurusnya. Jadi, sebenernya mau kita kembalikan ke buku,” pungkas Vino.

Film Wiro Sableng akan bercerita tentang serang pemuda bernama Wiro Sableng (Vino G Bastian), yang mendapat titah dari gurunya, pendekar Sinto Gendeng (Ruth Marini) untuk meringkus Mahesa Birawa (Yayan Ruhian), mantan murid Sinto Gendeng yang berkhianat.

Dalam perjalanannya mencari Mahesa Birawa, Wiro terlibat dalam suatu petualangan seru bersama dua sahabat barunya Anggini (Sherina Munaf) dan Bujang Gila Tapak Sakti (Fariz Alfarazi). Pada akhirnya Wiro bukan hanya menguak rencana keji Mahesa Birawa, tetapi juga menemukan esensi sejati seorang pendekar.

Penasaran bagaimana petualangan dan kelucuan Wiro Sableng? Film pendekar 212 ini akan tayang di bioskop seluruh tanah air mulai 30 Agustus 2018. (ce1/str/JPC/JPG)