Voli Kota Serang Sudah Punya Tim untuk Popda Banten

Pemain voli putri pelajar Kota Serang menjalani latihan fisik di GGR Ciceri, Kota Serang, Minggu (8/4).

SERANG – Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Serang telah memiliki tim untuk Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) IX Banten 2018. Tim yang masing-masing berjumlah 12 pemain merupakan hasil seleksi yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Kepala Pelatih Voli Putri Kota Serang, Adi Jumhadi menyebutkan, materi 12 pemain yang telah dimilikinya tersebut masih didominasi muka-muka lama. “Tujuh puluh lima persennya adalah pemain-pemain yang tampil di Popda VIII Banten 2016 di Kabupaten Pandeglang. Selebihnya pemain-pemain baru. Meski baru, mereka merupakan pemain-pemain berpengalaman di kategori pelajar,” kata Adi saat ditemui di sela latihan di Gedung Gelanggang Remaja (GGR), Ciceri, Kota Serang, Minggu (8/4).

Adi menambahkan, meskipun diperkuat oleh muka-muka lawas, tetapi pihaknya enggan muluk-muluk perihal target prestasi. “Sewaktu di Pandeglang, kita mampu menyumbangkan medali perak. Tapi saya untuk sekarang, saya tidak mau muluk-muluk. Kualitas pemain voli kategori pelajar di Banten saat ini sudah merata. Yang penting kita main maksimal saja. Soalnya, tim lain juga persiapannya lebih matang dari kita,” imbuhnya.

Agar meraih hasil optimal, saat ini skuatnya masih konsisten dalam melakoni program latihan. Selain latihan rutin, anak asuhnya pun terus ditingkatkan dalam hal jam terbang. “Kalau fokus latihan yang sedang kita lakukan adalah meningkatkan fisik pemain. Menu latihannya salah satunya adalah joging di siang hari,” katanya

Pada waktu uji tanding ke Bandung beberapa waktu lalu, kata dia, stamina pemain terlihat masih lemah. Dengan joging siang hari, selain dapat membakar lemak juga dapat meningkatkan stamina menjadi prima. Selain membentuk fisik, kami juga menggelar uji coba untuk mengukur sejauh mana kesiapan masing-masing pemain.

“Beberapa waktu lalu kami juga ikut turnamen di Pandeglang dan alhamdulillah kami berhasil merebut juara ketiga setelah mengalahkan tim Popda Pandeglang. Ini hasil yang bagus sebagai motivasi tim,” ungkap guru olahraga di SMAN 3 Kota Serang itu.

Ketua Umum Pengcab PBVSI Kota Serang Aldi Prinaldi mengapresiasi program latihan tim pelatih voli Popda Kota Serang. “Kami sangat mendukung dengan langkah tim pelatih. Mudah-mudahan tim putri dapat mengulangi prestasi yang pernah diraih dua tahun lalu di Pandeglang dan bahkan bisa lebih baik lagi. Apalagi skuat saat ini lebih matang dari pada popda lalu. Kami juga memantau secara intens karena ini juga bagian dari persiapan menghadapi Porprov V Banten 2018, November nanti,” ucapnya singkat. (dre/ibm/ira/RBG)