Vonis Pembunuh Siti Marhatusolihat Ringan, Jaksa Ajukan Banding

0
83
Sidang
Ilustrasi/ Inet

SERANG – Penuntut umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang resmi mengajukan banding atas vonis ketiga terdakwa perkosaan dan pembunuhan Siti Marhatusolihat (18). Soalnya, vonis ketiga terdakwa dinilai belum memenuhi rasa keadilan.

Kamis (9/8) lalu, ketiga terdakwa dijatuhi hukuman berbeda oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Serang. Terdakwa Rudi Muhammad Rizki dan Rahmat masing-masing divonis 12 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan. Sementara, Dodi Saparudin divonis empat tahun penjara.

Vonis itu lebih ringan dibandingkan tuntutan penuntut umum Kejari Serang. Rudi Muhammad Rizki dan Rahmat dituntut pidana penjara selama 20 tahun. Sedangkan Dodi Saparudin dituntut pidana selama empat tahun dan sembilan bulan penjara. “Secara yuridis, untuk Rudi dan Rahmat belum 2/3 dari tuntutan yang kami minta. Sedangkan, terdakwa Dodi untuk memenuhi rasa keadilan dari korban,” kata Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Serang Ardi Wibowo ditemui Rabu (15/8).

Permohonan itu secara resmi disampaikan ke Pengadilan Negeri (PN) Serang, kemarin (15/8). Penuntut umum masih menyusun memori banding untuk ketiga terdakwa. “Memori banding secepatnya, kami kirimkan juga,” kata Ardi.

Sementara, pengacara keluarga mendiang Siti Marhatusolihat dari LBH Jatramada, Andre Pratama menyambut baik langkah banding yang dilakukan penuntut umum. “Pertama, kami sampaikan apresiasi ke penuntut umum, karena sudah mengajukan banding. Kami belum audiensi, ternyata hari ini sudah menyatakan banding. Artinya, surat yang kami kirimkan kemarin, dijadikan pertimbangan,” beber Andre.

Diungkapkan Andre, upaya hukum banding itu penting untuk menguatkan vonis Er sebagai otak perkosaan sekaligus pembunuhan korban. “Jangan sampai ada celah, bagi para terdakwa lolos. Sementara, vonis Er kan sudah inkracht (memiliki kekuatan hukum tetap-red). Er saja divonis maksimal selama 10 tahun penjara,” ungkap Andre.

Dikatakan Andre, tidak ada alasan signifikan untuk meringankan perbuatan ketiga terdakwa bagi hakim memberikan vonis ringan. “Tidak ada pertimbangan siginifikan yang meringankan terdakwa,” ucap Andre.

Terpisah, Panitera Muda (Panmud) Pidana PN Serang Feri Ardiansyah mengakui sudah menerima pernyataan banding dari penuntut umum atas vonis ketiga terdakwa. “Kalau dari terdakwa belum. Batasnya hari ini (pernyataan banding-red), coba ditanyakan ke pengacaranya langsung,” kata Feri. (Merwanda/RBG)