Wabup Lebak Ajak Warga Lestarikan Burung Terucuk

Ilustrasi/Inet

LEBAK – Wakil Bupati (Wabup) Lebak Ade Sumardi mengajak masyarakat, khususnya Komunitas Terucuk Mania Banten (KTMB) proaktif dalam melestarikan burung tersebut.

Upaya tersebut, kata Ade, diharapkan mampu menjaga kelestarian burung yang banyak disukai masyarakat itu.

“Komunitas pecinta burung yang hobi memelihara dan merawat burung harus ikut menjaga kelestarian burung terucuk. Di samping hobi, ke depan harus dipikirkan mengenai penangkaran burung tersebut agar berkembang biak dan tidak punah,” kata Ade Sumardi usai membuka 1st Anniversary KTMB di kawasan Gelanggang Olahraga Pasirona, Kecamatan Rangkasbitung, Sabtu (12/10).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pengurus Terucuk Pusat Azis, Asosiasi Penangkar Burung dan Unggas Indonesia Andi, dan Ketua KTMB Luthfi.

Ade menyatakan, pecinta burung terucuk harus berpikir ke depan. Jangan sekedar menikmati kicauan burung yang indah, tetapi harus dipikirkan bagaimana jenis burung tersebut dapat terus lestari dan suaranya dinikmati anak cucunya di masa yang akan datang.

“Saya yakin para pengurus komunitas telah mengupayakan penangkaran dan pengembangbiakan burung terucuk. Karena itu, saya optimistis burung ini akan tetap lestari,” katanya.

Dian Wahyudi, penanggung jawab kegiatan 1st Anniversary KTMB mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk menjalin silaturahim antar pecinta burung. Tidak hanya itu, panitia juga menggelar lomba burung berkicau dengan hadiah yang menarik. “Acara ini diharapkan bukan hanya sekedar ajang kumpulnya para penghobi, tapi juga menggagas penangkaran jenis burung terucuk atau buruk jogjog itu,” katanya.

Anggota DPRD Lebak ini meyakinkan, ulang tahun KTMB di Rangkasbitung diyakini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Lebak. Ratusan pecinta burung datang ke area ini guna mengikuti kegiatan sampai tuntas. “Kami selalu komitmen mendukung visi Bupati Iti Octavia Jayabaya menjadikan Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal. Karena itu, ke depan kita akan laksanakan kegiatan lomba burung berkicau yang lebih besar, sehingga wisatawan yang datang akan lebih banyak lagi,” katanya.

Usai pembukaan, Wabup Lebak Ade Sumardi bersama pengurus KTMB dan penanggungjawab kegiatan melepas secara simbolis burung terucuk ke alam liar. (tur/zis)