Wabup Lebak Minta Gerbong Khusus untuk Angkut Hasil Bumi

0
855 views

RANGKASBITUNG – Wakil Bupati (Wabup) Lebak Ade Sumardi menyatakan, Kabupaten Lebak siap menyukseskan program swasembada pangan untuk membantu pemerintah pusat mewujudkan ketahanan pangan.

Untuk itu, Wabup mengusulkan pemerintah pusat agar menyiapkan gerbong khusus untuk mengangkut hasil bumi. Hal itu diungkapkan saat Rapat Kerja dengan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman dan Komite II DPD-RI, yang membahas kesiapan dan ketahanan pangan di DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Negara RI di gedung DPD-RI Jakarta, kemarin Rabu (5/7). Melihat sekarang petani sulit untuk membawa hasil bumi mereka ke Jakarta.

“Dulu para petani kita bisa membawa hasil bumi ke ibu kota dengan menggunakan fasilitas dari Kereta Api. Namun sekarang petani merasa kesulitan untuk membawa hasil panen mereka, karena sekarang tidak diperbolehkan oleh pihak Kereta Api disebabkan jasa angkutan Kereta Api sekarang menggunakan commuter line atau kereta listrik,” ujar politisi PDI-P ini.

Mengingat Kabupaten Lebak adalah salah satu penyuplai ketahanan pangan yang cukup banyak untuk ibu kota, Kabupaten Lebak juga mempunyai 249.167 Ha lahan pertanian, yang terdiri dari 53.946 Ha lahan sawah dan 195.221 Ha lahan darat.

“Kita mempunyai lahan cukup besar untuk menyumbang hasil bumi ke ibu kota, sehingga dapat membantu dalam program ketahanan pangan,” tandasnya. (Rahmatullah/twokhe@gmail.com)