Waduh, Pilkades di Kabupaten Serang Terancam Diundur Lagi

0
8392

SERANG – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Serang terancam diundur kembali. Mengingat diperpanjangnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

Sekadar diketahui, Pilkades sebelumnya direncanakan digelar pada 11 Juli 2021. Namun, Pilakdes diundur ke 1 Agustus seiring dengan penerapan PPKM Darurat. Saat ini, Pemkab Serang berencana mengundur kembali pelaksanaan Pilkades.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, pihaknya mengarahkan untuk mengundur kembali pelaksanaan Pilakdes. “Saya secara pribadi cenderung untuk diundur kembali pelaksanaan Pilkades,” ungkapnya ditemui Radar Banten di ruang kerjanya, Kamis (22/7).

Pandji mengatakan, PPKM darurat dilakukan perpanjangan hingga 25 Juli 2021 sesuai dengan instruksi Pemerintah Pusat. Pihaknya mengaku belum bisa menjamin hingga 1 Agustus kondisi penyebaran Covid-19 sudah terkendali.

Menurutnya, pada penyelenggaraan Pilkades harus mementingkan keselamatan masyarakat. “Kalau kita memaksakan Pilkades digelar, berarti kita lebih mementingkan calon, kita harus lebih mementingkan keselamatan masyarakat,” ujarnya.

Meski demikian, kata dia, keputusan itu harus disepakati bersama oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). “Nanti harus didapatkan dulu sama unsur TNI-Polri, harus ditimbang baik buruknya seperti apa kalau kita undur lagi,” ucapnya. (Abdul Rozak)