Waduh, RW 03 Cuma Sasar Satu RT

0
638

KRAMATWATU – Persiapan RW 03, Kompeks Pelamunan Permai, Desa Pelamunan, Kecamatan Kramatwatu, tidak menyasar seluruh wilayahnya. Warga hanya menata lingkungan RT 14. Padahal, ketentuan Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 adalah seluruh wilayah RW.  

Pantauan Radar Banten, penataan di Blok G 2, Gang Pucuk Merah, RT 014 RW 03, Komplek Pelamunan Permai, memang cukup bagus. Tidak hanya bersih, tapi juga hijau. Warga juga menyediakan fasilitas pelaksanaan protokol kesehatan.

Kepala Desa Pelamunan Nikmatullah mengatakan, wilayah RW 03 cukup luas. Di RW ini ada tujuh RT, yakni RT 09, RT 10, RT 11, RT 12, RT 13, RT 14, dan RT RT 15.

Kondisi itu, lanjut Nikmatullah, menjadi alasan Pemerintah Desa Pelamunan dan warga untuk tidak menata semua lingkungan RT di RW 03. “Waduh, kalau ditata semua mah butuh dana yang besar. Kita fokusnya di RT 014 aja dulu,” katanya kepada Radar Banten, Selasa (18/11).

Selain dana, jelas Nikmatullah, kekompakan warga untuk menata kampungnya pun belum merata di semua RT di RW 03. Menurutnya, hanya warga RT 14 yang sejak awal sudah antusias mengikuti LKBA.

“Kita perlu waktu untuk membangun kekompakan warga, apalagi strata ekonomi warga di tiap RT kan berbeda-beda,” ujarnya.

Namun, Nikmatullah berjanji, setelah penilaian tahap kedua, pihaknya akan menata semua RT di RW 03 jika LKBA dilanjutkan pada 2021. “Walaupun satu RT yang ditata, semoga kami bisa juara,” harapnya.

Ketua RW 03 Abu Bakar mengakui kekompakan dan semangat warganya dalam menata lingkungan mereka. Antusiasme warga tidak hanya saat mengikuti kerja bakti, tetapi juga saat diminta untuk iuran.

“Iurannya jalan, kesadaran warga menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan pun ada,” pungkas Abu Bakar. (mg06/don)