Wagub Andika Dukung Gerakan Pramuka

0
346
Wakil Gubernur yang juga Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabinda) Kwarda Banten Andika Hazrumy bersalaman seusai menyematkan lencana Pramuka garuda kepada anggota Kwarda Banten pada upacara HUT ke-57 Gerakan Pramuka tingkat Kwarda Banten di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Tigaraksa, Sabtu (18/8).

TANGERANG – Semua elemen diminta agar peduli dan mendukung pembinaan generasi muda di Pramuka. Kemajuan Pramuka adalah kunci kemajuan bangsa karena gerakan Pramuka konsen dalam pembentukan dan pembinaan karakter sumber daya manusia (SDM).

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat upacara HUT ke-57 Gerakan Pramuka tingkat Kwarda Banten di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Tigaraksa, Sabtu (18/8).

Dalam sambutannya selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabinda), Andika mengajak seluruh instansi baik pemerintah kabupaten kota, instansi vertikal, maupun instansi swasta dan masyarakat untuk peduli terhadap pembinaan generasi muda serta senantiasa berpartisipasi mendukung pelaksanaan program dan kegiatan kepramukaan. “Dukungan terhadap Gerakan Pramuka berarti kita peduli terhadap kaum muda, kita peduli terhadap calon-calon pemimpin yang akan datang,” ujarnya.

Dengan dukungan dari semua pihak, kata Andika, tujuan Gerakan Pramuka membina karakter bangsa khususnya dalam membentuk dan menyiapkan generasi muda yang berakhlak, berkarakter, berbudi pekerti luhur, berkompetensi serta cinta Tanah Air dan bangsa dapat terwujud. Andika juga meminta kepada anggota Pramuka di Banten mulai dari tingkat Siaga, Penegak, hingga Penggalang untuk memompa semangat optimisme dalam kepramukaan.

Menurutnya, optimisme akan mengantarkan anggota Pramuka meraih prestasi. “Aplikasikan kegiatan kepramukaan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi pribadi sebagai tunas bangsa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga cerdas spiritual, cerdas emosional, dan cerdas sosial,” katanya.

Andika memaparkan, berbagai lembaga riset global meramalkan Indonesia memiliki posisi makin besar dalam peran global. Goldman Sachs mengeluarkan istilah the next eleven (N-11), yaitu kumpulan negara yang punya potensi besar bersama BRIC (Brasil, Rusia, India, dan China) yang mendominasi dunia. Apalagi Indonesia didukung dengan jumlah manusia yang tinggi dan bonus demografi dan meningkatnya jumlah kelas menengah. “Untuk itu, kepada adik-adik Pramuka, saya tekankan agar mengembangkan potensi melalui segenap kreativitas dan inovasi. Manfaatkan sumber daya yang ada menjadi suatu produk bernilai manfaat, baik secara sosial maupun ekonomi,” katanya.

Dikatakan Andika, perkembangan global dan teknologi informasi harus dihadapi dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal, nasionalisme, dan patriotisme. Untuk itu, lanjutnya, lembaga pendidikan ditekankan agar menjadikan Gerakan Pramuka melalui kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana pendidikan karakter guna membentuk generasi muda sebagai tunas bangsa yang berdaya saing untuk dapat meraih keuntungan dari bonus demografi tersebut.

Untuk meraih keuntungan dari bonus demografi, kata Andika, harus diupayakan melalui peningkatan pendidikan yang berkualitas, kemampuan kognitif, dan kecakapan hidup yang tinggi. Pemerintah Provinsi Banten, lanjutnya, dalam RPJMD 2017-2022 menetapkan prioritas pembangunan pada peningkatan sumber daya manusia khususnya peningkatan aksesibilitas dan pendidikan yang berkualitas.

Upacara HUT Pramuka diikuti 3.600 peserta Pramuka se-Provinsi Banten dari tingkat Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 640 Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega disematkan Lencana Pramuka Garuda. Selain itu, juga dilakukan penyematan Lencana Darma Bakti, Lencana Panca Warsa kepada para pembina Pramuka se-Banten yang memenuhi unsur kecakapan untuk menerima penghargaan-penghargaan tersebut. (Fauzan D/RBG)