Wagub Banten Berangkatkan 2000 Pemudik

0
1.091 views

SERANG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy hari ini melepas 2000 pemudik yang mengikuti program mudik bersama. Pemudik diberangkatkan dari KP3B menuju 11 kota dan kabupaten.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengungkapkan,   program ini digelar untuk memberikan kemudahan masyarakat yang berdomisili di Banten untuk bersilaturshmi dan berkumpul dengan sanak keluagra yang ada di luar Banten

“Semoga program ini bisa memberikan manfaat bagi maayarskat,” ujar Andika sebelum melepas rombongan pemudik,  Kamis (22/6).

Menurut Andika,  program ini menjadi komitmen Pemprov Banten dalam memberikan kemudahan untuk masyarakat,  menekan angka kecelakaan,  dan menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepesa motor.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Revri Aroes mengatakan,   masih tingginya jumlah kecelakaan lalu lintas,  jumlah pemudik menggunakan roda doa,  tingkat kemacetan lalu lintas menjadi dasar Pemprov Banten menggelar program ini

Sebelum berangakat, lanjut Revri,  Dishub telah melakukan pengecekan fisik dan kelayakan kendaraan, selain itu melakukan tes urine pada supir. “Sampai disana mereka nanti disambut pemerintah daerah masing-masing,” ujarnya.

Tahun ini, lanjut Revri,  Pemprov Banten menyiapkan 40 bus untuk 2000 pemudik.  Kuota tersebut 50 persen lebih sedikit dari tahun sebelumnya.  Adapun beberapa wilayah yang menjadi tujuan mudik gratis antara lain Jawa Barat, Sumatera, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Adapun kuota mudik gratis yang disediakan Dishub Provinsi Banten berdasarkan data yang diterima antara lain Tasikmalaya sebanyak 100 orang, Cirebon 200 orang, Tegal 150 orang, Purwokerto 150 orang, Magelang 150 orang, Semarang 300 orang, Solo 300 orang, Madiun 150 orang, Yogyakarta 300 orang, Bandar Lampung 100 orang dan Palembang 100 orang. Total peserta mudik sebanyak 2.000 orang. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)